Salin Artikel

Difabel Dapat Potongan Harga Tiket KA 20 Persen Mulai Akhir Pekan Ini

Manajer Humas KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif mengatakan, diskon itu berlaku bagi penyandang disabilitas, yang memiliki keterbatasan fisik, intelektual, mental atau sensorik dalam jangka waktu lama.

"Diskon bagi pelanggan disabilitas ini, dimulai bersamaan dengan peringatan 'Hari Perhubungan Nasional' yang jatuh pada 17 September," kata Luqman, ketika dikonfirmasi melalui pesan, Selasa (12/9/2023).

Akan tetapi, kata Luqman, para calon penumpang penyandang disabilitas tersebut harus mendaftar terlebih dahulu ke costumer service, paling lambat dua hari sebelum keberangkatan.

"Registrasi reduksi disabilitas wajib menggunakan surat keterangan asli, dari dokter rumah sakit atau puskesmas yang menyatakan kalau bersangkutan adalah penyandang disabilitas," jelasnya.

"Registrasi dapat diwakilkan kepada orang lain dengan membawa surat keterangan asli dari dokter, KTP asli, dan pas foto milik penumpang disabilitas yang akan didaftarkan," ujar dia.

Setelah itu, para pengguna kereta api dengan keterbatasan tersebut bebas menggunakan potongan harga 20 persen selamanya, melalui aplikasi KAI Access, maupun memanfaatkan loket di stasiun.

Luqman mewajibkan para penumpang dengan keterbatasan, untuk menunjukan KTP asli atau surat keterangan penyandang disabilitas, ketika melakukan proses pemeriksaan tiket di stasiun maupun di dalam kereta.

"Perlu diingat bila saat pemeriksaan di atas kereta tidak dapat menunjukkan KTP asli atau surat keterangan asli, maka tiket dianggap hangus dan diturunkan pada kesempatan pertama," ucapnya.

Luqman berharap, potongan harga 20 persen tiket kereta tersebut dapat bermanfaat bagi para penyandang disabilitas. Pihaknya ingin seluruh masyarakat dapat bepergian dengan nyaman dan aman.

https://surabaya.kompas.com/read/2023/09/13/125624778/difabel-dapat-potongan-harga-tiket-ka-20-persen-mulai-akhir-pekan-ini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke