Salin Artikel

Kebakaran Bromo akibat Foto "Prewedding" Merusak Pipa Air untuk 6 Desa

PROBOLINGGO, KOMPAS.com - Kasi Pengelolaan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) Wilayah I Didit Sulastyo mengatakan, pihaknya terus berusaha memadamkan api yang terus merambat dari padang sabana Teletubbies yang terbakar akibat flare (suar) foto prewedding.

Meski sudah kecil, api yang membakar Sabana di wilayah Kabupaten Probolinggo masih terlihat.

Bahkan, api diketahui merambat ke wilayah atas dan sudah sampai ke wilayah Malang dan Pasuruan.

"Untuk luasan, kami masih belum menghitung karena fokus melakukan pemadaman di Savana (sabana) yang merambat ke atas," terang Didit, Senin (11/9/2023).

Upaya pemadaman juga dibantu dengan satu unit helikopter water bombing milik Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Dodit menambahkan, akibat kebakaran tersebut, ada pipa pengairan yang menyalurkan air ke enam desa ikut rusak.

"Bahkan malah lebih dari enam desa di Kecamatan Sukapura Kabupaten Probolinggo. Pipa tersebut menyalurkan air untuk kebutuhan warga dan pariwisata," tukas Didit.

Didit menambahkan, kebakaran berdampak ke penyaluran air bersih. Ada beberapa pipa rusak terbakar, tapi sudah dibantu suplai air oleh BPBD. Masyarakat juga secara mandiri mengambil air sumber ke taman nasional.

Diberitakan sebelumnya, Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Probolinggo AKBP Wisnu Wardana mengungkapkan, sebanyak 50 orang dikerahkan untuk memadamkan kebakaran di padang sabana Bukit Teletubbies Bromo.

Kapolres Probolinggo AKBP Wisnu Wardana menambahkan, hingga saat ini, petugas masih melakukan pemadaman. Sebab, api sudah merembet ke kawasan TNBTS wilayah Malang dan Pasuruan.

https://surabaya.kompas.com/read/2023/09/11/152410878/kebakaran-bromo-akibat-foto-prewedding-merusak-pipa-air-untuk-6-desa

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke