Salin Artikel

Politikus PKB Ramai-ramai Ziarah ke Makam Sunan Bonang di Tuban, Ida Fauziah: Kita Juga Doakan Gus Imin

Rombongan yang dipimpin oleh Menteri Tenaga Kerja RI, Ida Fauziyah bersama Ketua Fraksi PKB DPR RI, KH Cucun A Syamsurijal tiba di makam putra Sunan Ampel tersebut sekira pukul 08.30 WIB.

Para politisi PKB tersebut langsung memanjatkan doa di depan pusara makam Sunan Bonang yang merupakan tokoh Wali Songo, penyebar agama Islam di Pulau Jawa. 

Ida Fauziyah mengatakan, sebetulnya kegiatan ziarah ke makam para Wali Songo tersebut sudah menjadi tradisi bagi PKB.

Tetapi, pada momentum perhelatan politik ini, DPP PKB membuat kegiatan Tour de Wali Songo sebagai ikhtiar batin untuk pemenangan pasangan Capres-Cawapres Anies R Baswedan dan Muhaimin Iskandar (Cak Imin).

"Untuk kegiatan ziarah Walisongo di Jawa Timur ini kita mengawalinya dari Makam Sunan Bonang Tuban," kata Ida Fauziyah, kepada Kompas.com, Sabtu (9/9/2023).

Pada kesempatan tersebut, rombongan Menteri Tenaga Kerja RI, Ida Fauziyah juga mendoakan agar perjalanan politik Ketua Umum DPP PKB, Muhaimin Iskandar alias Gus Imin maju sebagai wakil presiden dimudahkan. 

"Iya, kita mendoakan Gus Imin setiap waktu, Apalagi saat ini di makam wali, dengan wasilah para wali mudah-mudahan perjuangan PKB dimudahkan," ungkap Ida Fauziyah, usai berziarah dari makam Sunan Bonang.

Anggota Fraksi PKB DPR RI Dapil Tuban-Bojonegoro, Ratna Juwita mengatakan, sedianya Ketua Umum DPP PKB Muhaimin Iskandar akan hadir di Tuban mengawali kegiatan Tour de Wali Songo di wilayah Jawa Timur. 

Namun, cicit dari KH Bisyri Samsyuri, salah satu tokoh pendiri organisasi Nahdlatul Ulama tersebut, saat ini masih berada di Jakarta karena ada agenda lebih penting.

"Gus Imin tidak bisa datang ke Tuban, masih ada agenda di Jakarta," kata Ratna Juwita, saat mendampingi rombongan Menteri Tenaga Kerja RI, Ida Fauziyah ke Makam Sunan Bonang.

Menurutnya, rombongan Tour de Wali Songo DPP PKB nantinya akan bertemu dengan Gus Imin di rute berikutnya di Makam Sunan Drajat, Kabupaten Lamongan dan Makam Sunan Giri Kabupaten Gresik. 

Sementara, usai berziarah ke Makam Sunan Bonang, rombongan Menteri Tenaga Kerja RI Ida Fauziyah bersama Pengurus DPP PKB singgah di Grand Javanilla Resto n Cafe untuk membuka acara Halaqoh Pemikiran Politik Wali Songo dan menyapa para kader NU yang hadir di acara tersebut.

https://surabaya.kompas.com/read/2023/09/09/153300778/politikus-pkb-ramai-ramai-ziarah-ke-makam-sunan-bonang-di-tuban-ida-fauziah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke