Salin Artikel

Dukung Ganjar atau Prabowo, Ini Penjelasan Yenny Wahid

JOMBANG, KOMPAS.com - Sehari setelah bertemu dengan Ketua Umum DPP Partai Gerindra Prabowo Subianto, Zannuba Arifah Chafsoh atau Yenny Wahid melakukan ziarah ke makam ayahnya, KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur, Kamis (7/9/2023) petang.

Selain berziarah ke makam sang ayah, Yenny juga menziarahi makam kakeknya, KH Wahid Hasyim, serta makam pendiri NU KH Hasyim Asy’ari, yang merupakan kakek buyutnya.

Usai berziarah, Yenny menjelaskan alasan berziarah ke makam para leluhurnya. Menurut Yenny, kegiatan itu sebagai bagian dari ikhtiar untuk memperkuat aspek spiritualnya sebelum menentukan pilihan dukungan terhadap sosok yang akan tampil dalam Pilpres 2024.

Putri sulung Gus Dur tersebut tak menampik bahwa sosok yang sedang dipertimbangkan untuk didukung adalah Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto.

Sementara itu, pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar yang telah dideklarasikan oleh Partai Nasdem dan PKB sebagai pasangan bacapres-bacawapres, tidak masuk ke pertimbangannya.

Menurut Yenny, penentuan dukungan terhadap Ganjar atau Prabowo memerlukan keteguhan hati dan kejernihan berpikir.

Karena itu, selain melakukan analisis dan pertimbangan secara rasional, dirinya juga melakukan riyadhoh atau laku spiritual, sebelum menentukan arah dukungan terhadap Ganjar atau Prabowo dalam Pilpres 2024.

“Saya riyadhoh, saya sowan ke makam para wali di Jawa Timur, salah satunya ke makam leluhur saya, itu semua bagian dari riyadhoh saya atau laku spiritual yang sedang saya jalani,” kata Yenny di Pesantren Tebuireng, Kamis petang.

Dia menjelaskan, penentuan arah dukungan kepada capres yang akan didukung juga akan dikonsultasikan kepada kiai sepuh terlebih dahulu. 

“Nantinya, pasti saya akan konsultasi dengan para kiai. Jadi ini prosesnya masih panjang. Saya juga sudah mengingatkan kepada para kader Gus Dur, ojo kemrungsung, jangan tergesa-gesa, tidak usah terburu-buru, tetapkan hati saja,” ujar dia.

Sementara itu, sebelum melakukan ziarah ke makam sang ayah, kakek, dan kakek buyutnya di kompleks makam keluarga pengasuh Pesantren Tebuireng, Yenny Wahid menghadiri Apel Siaga Kebangsaan yang dilaksanakan Barisan Kader Gus Dur (Barikade Gus Dur).

Apel tersebut digelar dalam rangka peringatan Hari Lahir Gus Dur di lapangan Kampus Universitas Hasyim Asyari (Unhasy) Tebuireng Jombang, Jawa Timur, Kamis (7/9/2023).

https://surabaya.kompas.com/read/2023/09/08/050100278/dukung-ganjar-atau-prabowo-ini-penjelasan-yenny-wahid

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke