Salin Artikel

BNNK Surabaya Sebut Temukan Pemakai Sabu-sabu Berusia 8 Tahun

“Kakaknya pakai, adiknya juga ikutan pakai, anak-anak bergaul di lingkungan orang dewasa," kata Kasi Humas BNNK Surabaya Singgih Pratomo ketika dihubungi melalui telepon, Kamis (7/9/2023).

Selain itu, kata Singgih, anak tersebut juga dibesarkan oleh keluarga tanpa peran seorang ayah.

Sedangkan, ibunya jarang memantaunya karena bekerja sebagai seorang penjaga warung kopi.

Berdasarkan data BNNK Surabaya, periode 2021 hingga 2023, pengguna narkoba dari kalangan pelajar SMP dan SMA masih banyak. 

"Pelajar banyak jumlahnya, puluhan. Tren 2023 sama pasca-covid, paling banyak ekstasi yang mulai merajela," jelas dia.

Singgih mengungkapkan, para pengguna narkoba di Surabaya juga sangat bervariasi. Mereka berasal mulai dari lingkungan menengah ke atas, hingga ke masyarakat miskin.

"Ironisnya ada kasus pemakaia dan pengedar termasuk angka kemiskinan. Bahkan mereka kelas menengah ke bawah rata-rata sebagai korban," ujar dia.

"Sekarang masuk hiburan malam banyak yang positif (narkoba). Kalau sabu memang tahun ke tahun masih tren," katanya.

Diberitakan sebelumnya, BNNK Surabaya mencatat, ada sebanyak 24 kelurahan di Kota Pahlawan termasuk darurat narkoba. Pemerintah diminta menggerakan program kampung bersih.

"Indikator kami tidak ada tinggi atau rendah, tapi empat kategori, aman, siaga, waspada, bahaya. Dari 154 kelurahan, 24 masuk kategori bahaya," kata Singgih, ketika dikonfirmasi melalui pesan, Kamis (7/9/2023).

Sebanyak 24 kelurahan bahaya narkoba tersebut adalah, Kenjeran, Sukolilo Baru, Gundih, Tembok Dukuh, Dukuh Pakis, Bulak Banteng, Tambak Wdi, Dupak, Perak Utara, Medokan Ayu.

Kemudian, Kelurahan Banyuurip, Pakis, Petemon, Putah Jaya, Sidotopo, Wonokusumo, Simolawang, dr. Soetomo, Kedungdoro, Tegalsari, Babatan, Siwalankerto, dan Sawunggaling.

"Data tersebut sesuai dengan indikator penilaian dari BNN, dilihat dari data utama dan data pendukung di tahun 2022. Unsur-unsur yang ada dalam indikator kita ada," jelasnya.

https://surabaya.kompas.com/read/2023/09/07/203824178/bnnk-surabaya-sebut-temukan-pemakai-sabu-sabu-berusia-8-tahun

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke