Salin Artikel

Duduk Perkara Seleb TikTok Probolinggo Bentak Siswa Magang, Direkam oleh Suami yang Anggota Polisi

Video tersebut diunggah di akun TikTok-nya yang memiliki pengikut lebih dari 941.000 akun.

Setelah kasus tersebut mencuat, Luluk dan suaminya, Bripka Nuril diperiksa oleh Propam.

Selain itu, Bripka Nuril dicopot dari jabatannya sebagai Kepala Unit Binmas Polsek Tiris sejak 1 September 2023 Setelah dipecat dari jabatannya, ia dimutasi sebagai staf Polres Probolinggo.

Saat mediasi yang dilakukan pihak Polres Probolinggo pada Rabu (6/9/2023), Luluk menangis dan meminta maaf atas konten yang ia buat.

"Saya Luluk Nuril menyampaikan permohonan maaf kepada Kapolri, Kapolda Jatim, Kapolres Probolinggo, dan orangtua, guru, pihak sekolah, KDS, serta semua pihak atas apa yang telah dilakukan dalam bermedia sosial serta akan akan lebih bijak lagi dalam dalam bermedia sosial," kata Luluk sambil menangis, Rabu (6/9/2023).

Mediasi tersebut dihadiri oleh orangtua siswi magang, pihak sekolah dan perwakilan dari pusat perbelanjaan.

Orangtua siswi magang, Lasmi mengaku telah memaafkan Luluk.

"Saya juga telah memaafkan. Saya juga memohon maaf bilamana tindakan putri saya terdapat kesalahan saat magang di KDS Departement store," tutur Lasmi.

Bentak siswi magang saat belanja

Kasus tersebut berawal saat Luluk berbelanja di salah satu pusat perbelanjaan di Kota Probolinggo dan dilayani oleh siswi magang.

Kepada Luluk, sang siswi menyampaikan aturan mengenai barang yang dibatalkan pembelian harus dilakukan di kasir.

Namun Luluk salah paham dan memaki serta membentak siswi tersebut. Kejadian tersebut kemudian direkam oleh suami Luluk yakni Bripka Nuril.

Meski siswi dan manajemen telah meminta maaf, Luluk tetap mengunggah video rekaman kejadian itu ke media sosialnya.

Selain itu Luluk juga menambahkan beberapa video lain yang direkam di dalam mobil mengenai kronologi persoalannya dengan siswa magang.

Dalam videonya, Luluk menyebut siswi magang itu menyepelekannya dan menganggp tak mampu membayar produk pakaian yang ia pilih dalam jumlah banyak,

"Aku ini pesan, gak mungkin saya batalin. Aku lewat, kamu bilang gak dibatalin gak dibatalin. Dipikir gak bisa bayar belanjaan segini. Saya laporin kamu. Anak magang kurang ajar," kata Luluk dalam video.

Humas SMKN 1 Probolinggo, Juni Hidayati membenarkan siswi magang yang dibentak oleh Luluk adalah murid kelas XII yang ikut menjalani program magang selama 6 bulan.

"Kebetulan ia ditempatkan magang di pusat perbelanjaan di Kota Probolinggo bersama 29 temannya. Kegiatan magang dimulai Juli. Siswi tersebut magang sebagai pramuniaga," jelasnya pada Selasa (5/9/2023).

Juni mengungkapkan, kejadian yang dialami siswinya berlangsung sepekan lalu.

Kala itu, sang siswi melayani pelanggan yang membeli perlengkapan anak kecil. Pelanggan tersebut adalah Luluk.

Sesuai standar operasional prosedur (SOP) pusat perbelanjaan, dia wajib menyampaikan ke pelanggan, termasuk Luluk, bahwa setiap barang yang akan dibatalkan bisa langsung ke kasir.

Hal tersebut dilakukan untuk memudahkan dalam menyusun laporan penjualan. Selain itu, menghindari barang diletakkan sembarangan oleh pelanggan.

Teknis pembatalan perlu diulang agar pelanggan memahami, bukan bermaksud meremehkan. Siswi itu tak ingin membuat kesalahan.

"Itu sudah sesuai SOP pusat perbelanjaan tempat dia magang. Namun, rupanya beliau (Luluk) salah tangkap tatkala siswi kami menyampaikan SOP pembatalan. Seolah-olah menyinggung perasaannya pelanggan," ungkapnya.

Siswi tersebut, lanjut Juni, sudah berusaha menjelaskan SOP pembatalan ke Luluk.

Usai dicecar, siswinya bersama manajemen pusat perbelanjaan juga sudah meminta maaf kepada Luluk.

"Tapi yang jadi masalah kenapa diviralkan di media sosial. Siswi kami dan pihak pusat perbelanjaan sudah minta maaf," terangnya.

Soroti gaya hidup mewah

Kapolres Probolinggo AKBP Wisnu Wardana mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah bersama-sama menyelesaikan permasalahan ini melalui mediasi.

"Atas nama pribadi maupun institusi Polri, kami memohon maaf atas tindakan dari anggota kami beserta istri yang telah membuat permasalahan sehingga menjadi viral di dunia maya," ujar Wisnu.

Wisnu berharap setelah adanya mediasi ini, permasalahan selesai. Para siswa pun dapat melanjutkan kegiatan magangnya.

Ia juga membenarkan telah mencopot Bripka M. Nuril Huda dari jabatannya sebagai anggota Polsek Tiris. Menurutnya, Nuril merekam video saat kejadian dan kemudian diunggah oleh istrinya, Luluk.

"Saya harap agar peristiwa semacam ini tidak terulang. Bijaklah dalam bermedia sosial, karena anggota Polri itu jadi atensi masyarakat. Setiap tingkah laku kita akan selalu diperhatikan dan dinilai oleh publik. Jangan pernah pamer gaya hidup, apalagi sampai di-posting di medsos,” pungkas Wisnu.

SUMBER: KOMPAS.com (Penulis: Ahmad Faisol | Editor : Pythag Kurniati), Tribun Jatim

https://surabaya.kompas.com/read/2023/09/07/063600478/duduk-perkara-seleb-tiktok-probolinggo-bentak-siswa-magang-direkam-oleh

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke