Salin Artikel

Tim SAR Gabungan Cari 3 Korban Kapal Terbalik di Banyuwangi

BANYUWANGI, KOMPAS.com - Tim SAR Gabungan melakukan pencarian terhadap tiga korban hilang dalam kecelakaan laut di perairan selatan Banyuwangi, Jawa Timur.

"Iya benar, saat ini tim kami sedang melakukan pencarian," kata Koordinator Pos SAR Banyuwangi, Wahyu Setia Budi kepada Kompas.com, Rabu (6/9/2023).

Menurut Wahyu, lokasi kecelakaan laut tersebut berada pada jarak 62 kilometer atau dua jam waktu tempuh dari pantai.

"Diduga lokasi berada di koordinat 8°36'18.71"S 114°13'42.35"E," ujar Wahyu.

Wahyu mengatakan, Basarnas Banyuwangi telah memberangkatkan satu tim penyelamat. Tak hanya itu, sejumlah unsur lintas elemen juga terlibat dalam proses pencarian tiga nelayan yang hilang di laut selatan Banyuwangi tersebut.

"Di antaranya Sat Polairud Grajagan, Pos AL Muncar, BPBD, Pos Kamladu Grajagan, RAPI, Ambulans RAPI, 851 Banyuwangi, sejumlah relawan dan nelayan setempat," ujar Wahyu.

Sebelumnya diberitakan, Kapal Mekar Jaya terbalik akibat dihantam ombak di perairan Pelawangan, Pantai Grajagan, Kecamatan Purwoharjo, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, pada Selasa (5/9/2023) malam.

Kapal pencari ikan itu dilaporkan membawa 27 anak buah kapal (ABK). Sebanyak 20 orang selamat, empat tewas dan tiga masih dalam pencarian.

Kapal tersebut kecelakaan setelah melaut dan hendak kembali untuk bersandar di pelabuhan. Nahas, saat sampai di kawasan Pelawangan, kapal dihantam ombak besar hingga membuatnya terbalik.

"27 ABK yang berada di atas kapal tercebur ke laut. Dan 20 orang berhasil menyelamatkan diri," ujar Kapolsek Purwoharjo, AKP Budi Hermawan, Rabu (6/9/2023).

https://surabaya.kompas.com/read/2023/09/06/132305478/tim-sar-gabungan-cari-3-korban-kapal-terbalik-di-banyuwangi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke