Salin Artikel

Rumah di Kota Malang Terbakar akibat Korsleting pada Stavolt Komputer

MALANG, KOMPAS.com - Kebakaran rumah terjadi di Jalan Terusan Wijaya Kusuma Nomor 16 Kelurahan Jatimulyo, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur, pada Selasa (5/9/2023) dini hari. Kebakaran diduga berasal dari stavolt komputer yang mengalami korsleting.

Kepala UPT Pemadam Kebakaran (PMK) Kota Malang, Agoes Soebekti mengatakan, rumah yang terbakar milik Andari Hilda (50). Kebakaran terjadi sekitar pukul 02.30 WIB.

Petugas yang diterjunkan untuk memadamkan api sebanyak lima personel beserta satu unit mobil pemadam.

"Kami mendapat informasi kebakaran dari warga, kemudian petugas berangkat dan tiba di lokasi sekitar pukul 02.42 WIB. Setelah itu, kami langsung melakukan pemadaman dan segera melokalisasi titik api," kata Agoes pada Selasa (5/9/2023).

Dibutuhkan waktu sekitar 36 menit untuk memadamkan kebakaran tersebut. Setelah titik api utama padam, petugas melanjutkan penanganan kebakaran dengan proses pendinginan.

"Untuk memastikan tidak ada titik api tersembunyi (hidden fire). Sekitar pukul 03.19 WIB, kebakaran dinyatakan telah padam sepenuhnya," katanya.

Untuk hasil asesmen di lokasi, luas area yang terdampak kebakaran sekitar 35 meter persegi. Sedangkan, penyebab kebakaran diduga kuat berasal dari perangkat untuk menstabilkan tegangan (stavolt) komputer.

"Diduga, stavolt tersebut mengalami korsleting lalu memunculkan percikan api yang kemudian menyambar ke bahan-bahan mudah terbakar yang ada di sekitarnya," katanya.

Tidak ada korban jiwa maupun luka dalam kejadian tersebut.

"Untuk korban, baik korban jiwa maupun luka tidak ada. Hanya kerugian materi yang ditaksir mencapai Rp 20 juta," katanya.

https://surabaya.kompas.com/read/2023/09/05/151504878/rumah-di-kota-malang-terbakar-akibat-korsleting-pada-stavolt-komputer

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke