Salin Artikel

Melacak Terduga Pelaku di Balik Kebakaran Gunung Arjuno Welirang

Sebelumnya, UPT Tahura Raden menduga kebakaran yang terjadi sejak Sabtu (26/8/2023) lalu di kawasan Curah Sriti, Bukit Lincing, hingga Bukit Budug Asu, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang itu disebabkan oleh pemburu liar.

Kasi Perlindungan dan Pemberdayaan Masyarakat UPT Tahura Raden Soerjo Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur, Ajat Sudrajat mengatakan, pihaknya bersama aparat kepolisian menggali informasi dari berbagai pihak.

"Berbagai informasi kami kumpulkan untuk mencari terduga pelaku," ungkapnya melalui sambungan telepon, Rabu (30/8/2023).

Sementara itu, hingga saat ini petugas masih melakukan pemadaman lantaran api yang semakin meluas. Menurut Ajat, beberapa titik api baru lagi bermunculan lagi pada hari kelima ini.

"Hingga saat ini masih terus pemadaman, di Purwodadi, Kabupaten Pasuruan masih terus berkembang. Ada juga api yang menjalar kembali ke Malang," jelasnya.

Faktor cuaca sekaligus embusan angin mempercepat laju pergerakan api.

"Vegetasi yang terdampak mayoritas ilalang dan cemara hutan. Ilalangnya lebat, kemudian tertiup angin. Sehingga api semakin menyebar ke mana-mana," terangnya.

Saat ini, tim gabungan sebanyak 120 personel dikerahkan untuk melakukan pemadaman. Mereka melakukan pemadam dengan metode gebyok menggunakan ranting pohon.

"Karena kesulitan mengakses air. Sehingga metode pemadaman dengan cara manual. Kendala lain faktor geografis yang miring dan curam," pungkas dia.

https://surabaya.kompas.com/read/2023/08/30/150940178/melacak-terduga-pelaku-di-balik-kebakaran-gunung-arjuno-welirang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke