Salin Artikel

Lumba-lumba Mati Terdampar di Sumenep, Sempat Dibantu Kembali ke Laut

SUMENEP, KOMPAS.com - Seekor lumba-lumba ditemukan terdampar di bibir pantai Pagerungan Kecil, Kecamatan Sapeken, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, Selasa (29/8/2023). Usai dibantu warga untuk kembali ke laut lepas, mamalia itu akhirnya mati.

"Sempat berusaha dibantu nelayan untuk kembali ke laut lepas, tapi lumba-lumbanya seperti tidak punya tenaga dan akhirnya mati," kata Nusran, nelayan di Sapeken, saat dihubungi Kompas.com, Rabu (30/8/2023).

Nusran menyebut, lumba-lumba terdampar itu pertama kali ditemukan nelayan sekitar pukul 10.00 WIB. Saat itu, lumba-lumba itu diduga terpisah dari rombongannya dan terdampar ke pantai Pagerungan Kecil, Kecamatan Sapeken, Kabupaten Sumenep.

Saat terdampar, kondisi lumba-lumba itu sangat jinak. Beberapa warga dan bocah yang bermain di tepi pantai mencoba membantu mamalia itu untuk kembali ke tengah laut.

"Ukurannya sekitar 1 meter, ramah sekali dan jinak, tapi akhirnya mati," tuturnya.

Warga di pesisir Pagerungan Kecil kemudian mengubur bangkai lumba-lumba itu di pinggir pantai Pulau Pagerungan Kecil agar jasadnya tak menimbulkan bau.

"Sudah dilakukan penguburan. Kalau kejadian seperti itu (lumba-lumba terdampar) tidak begitu sering, tapi memang pernah ada satu dua kali kejadian serupa," pungkasnya.

https://surabaya.kompas.com/read/2023/08/30/113834478/lumba-lumba-mati-terdampar-di-sumenep-sempat-dibantu-kembali-ke-laut

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke