Salin Artikel

Sopir Truk Tangki yang Tabrak Penonton Karnaval di Mojokerto Jadi Tersangka

MOJOKERTO, KOMPAS.com - Kepolisian Resor (Polres) Mojokerto, Jawa Timur, menetapkan tersangka terhadap Anton Dwi Aryatama (33), sopir truk tangki yang menabrak penonton karnaval di Desa Sajen, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto, pada Kamis (24/8/2023) petang.

Kecelakaan di persimpangan menuju ke arah Desa Sajen tersebut menyebabkan dua korban meninggal dunia, dua korban menjalani rawat inap di rumah sakit, serta 11 orang menderita luka ringan.

Wakapolres Mojokerto Kompol Afner Pangaribuan mengungkapkan, pengemudi truk itu menjadi tersangka atas dugaan kelalaian dalam berkendara di jalan raya.

Dia menjelaskan, penyidik telah melakukan pemeriksaan serta meningkatkan penanganan kasus itu ke tahap penyidikan.

Dari hasil pemeriksaan, ditemukan adanya unsur kelalaian sehingga penyidik menetapkan pengemudi truk tangki sebagai tersangka.

"Statusnya sudah kami naikkan sebagai tersangka saat ini. Pertimbangannya memang karena kelalaiannya," kata Afner, Jumat (25/8/2023).

Dijelaskan Afner, Anton yang mengemudikan truk tangki bermuatan air sebanyak 6.000 liter memiliki SIM B1 umum.

Berdasarkan pemeriksaan, truk tangki yang menabrak penonton karnaval itu dinyatakan laik, dibuktikan dengan hasil uji KIR yang masih berlaku.

Namun, ungkap Afner, Anton diduga mengemudikan truk tanpa melakukan antisipasi saat melintas di jalan raya.

Sopir truk tangki itu juga dinilai melakukan kelalaian karena tidak berupaya melakukan pengereman saat mengemudikan kendaraannya.

Pengemudi truk tangki tersebut dijerat dengan Pasal 310 KUHP dengan ancaman 6 tahun penjara.

"Yang bersangkutan kami tahan karena sudah status tersangka," ujar dia.

Truk tangki yang dikemudikan Anton, warga Asemrowo, Kota Surabaya, menabrak penonton karnaval di jalan raya Desa Sajen, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto, Kamis petang.

Kejadian itu menyebabkan 2 korban meninggal dunia di lokasi kejadian, 11 orang luka ringan, serta 2 korban harus menjalani rawat inap di rumah sakit.

Para korban yang tertabrak mayoritas adalah penonton karnaval Agustusan yang digelar Pemerintah Kecamatan Pacet.

https://surabaya.kompas.com/read/2023/08/25/210933978/sopir-truk-tangki-yang-tabrak-penonton-karnaval-di-mojokerto-jadi-tersangka

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke