Salin Artikel

KSAD Dudung Abdurachman Dinobatkan Jadi Warga Kehormatan Suku Osing Banyuwangi

Prosesi pemberian gelar tersebut dilakukan dengan memberikan udeng atau penutup kepala khas suku Osing di Banyuwnagi, Rabu (23/8/2023) malam.

Jenderal bintang empat tersebut juga mendapatkan piagam yang berisi Maklumat Pengukuhan sebagai Warga Kehormatan.

“Ini adalah anugerah yang kami terima, kami ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya,” kata Dudung, Kamis (24/8/2023).

Dalam pemberian gelar tersebut, terdapat empat kriteria yang menjadi karakter khas masyarakat Osing.

Yakni patriotis, terbuka, egaliter (kesetaraan) dan mencintai (menguri-uri) warisan leluhur.

Dengan penobatan KSAD sebagai Warga Kehormatan Masyarakat Osing, kini TNI Angkatan Darat juga ikut menjadi bagian dari Masyarakat Suku Osing.

“Juga sebagai wujud kemanunggalan TNI dengan rakyat, prajurit harus lebih dekat rakyat dan ikut mendukung pembangunan di daerah," ungkap Dudung.

Tak hanya itu, pada kesempatan tersebut istri KSAD Dudung juga turut dinobatkan sebagai Warga Kehormatan Masyarakat Osing.

Penyematan ditandai dengan pemasangan selendang batik khas Banyuwangi oleh Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani Azwar Anas.

“Semoga ini semakin menegaskan kecintaan Jenderal Dudung untuk masyarakat Banyuwangi. Di manapun berada,” kata Ipuk.

Maklumat Pengukuhan sebagai Warga Kehormatan itu dibacakan oleh Tokoh Masyarakat Osing sekaligus Ketua Dewan Kesenian Blambangan Hasan Basri.

“Kami percaya Jenderal Dudung akan bisa menjaga nama baik Banyuwangi, khususnya masyarakat Osing, dan membawa kebaikan untuk kita semua,” pungkas Hasan Basri. 

https://surabaya.kompas.com/read/2023/08/24/193108078/ksad-dudung-abdurachman-dinobatkan-jadi-warga-kehormatan-suku-osing

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke