Salin Artikel

Polda Jatim Geledah Kantor Perusahaan di Malang Terkait Sengketa Gedung Wismilak Surabaya

Penggeledahan tersebut melanjutkan penyidikan dugaan pemalsuan dokumen Hak Guna Bangunana (HGB) Gedung Wismilak Surabaya.

Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Jatim Kombes Farman membenarkan adanya penggeledahan.

"Terkait beberapa dokumen untuk kepentingan penyidikan kasus Gedung Wismilak," kata Farman saat dikonfirmasi, Rabu (23/8/2023).

Sayangnya dia enggan menjelaskan detail hubungan gedung Grha Wismilak di Surabaya dengan perusahaan yang kantornya digeledah itu.

Senin pekan lalu, tim Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Jatim menggeledah gedung Wismilak yang berlokasi tepat di persimpangan Jalan Raya Darmo dan Jalan Polisi Istimewa Surabaya.

Usai menggeledah lebih dari 6 jam, polisi juga menyita dan menyegel gedung Graha Wismilak tersebut.

Menurut Farman, obyek yang kini disita itu sudah ditempati Kepolisian RI sejak tahun 1945 hingga 1993 dan terakhir ditempati sebagai Markas Polresta Surabaya Selatan.

Polisi sudah menemukan fakta dan bukti bahwa proses penerbitan HGB Gedung Wismilak tidak sesuai dengan prosedur sehingga berstatus cacat administrasi. 

Bahkan, polisi menyebut sertifikat Hak Guna Bangunan (HGB) yang dimiliki manajemen sebagai dasar untuk menguasai gedung Graha Wismilak Surabaya adalah palsu. 

https://surabaya.kompas.com/read/2023/08/23/110153978/polda-jatim-geledah-kantor-perusahaan-di-malang-terkait-sengketa-gedung

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke