Salin Artikel

Cerita Santri di Gresik Panjat Tiang Bendera Saat Upacara Kemerdekaan, Spontan Saat Lihat Tali Putus

Video tersebut direkam di halaman Pesantren Ushulul Hikmah Al Ibrohimi, Manyarejo, Kecamatan Manyar, Gresik pada Kamis (17/8/2023).

Dalam video, terlihat seorang santri pria melepas sepatu serta kaus kaki dan memanjat tiang bendera untuk memperbaiki tali yang putus saat upacara bendera.

Santri tersebut bernama Sakha Ardiansyah kelas X Al Ibrohimi dan saat kejadian, ia bertugas sebagai petugas pengibar bendera.

Saat ditemui Tribunjatim, Sakha mengaku tak menyangka videonya viral.

"Saya spontan memanjat melihat talinya putus, agar berjalan lancar upacara bendera 17 Agustus," kata Sakha.

Sakha adalah santri asal Desa Paron, Ngawi. Saat upacara Kemerdekaan, kata Sakha, persiapan dilakukan sudah sangat matang.

Bahkan gladi bersih baru selesai pada pukul 00.30 dini hari. Ia mengatakan tali berwarna biru di tiang bendera memang ada yang putus, tetapi sudah disambung dengan plester.

"Saat upacara 17 Agustus bendera mau dikibarkan talinya putus, sambungan handsaplast-nya saya spontan langsung naik ke atas ngambil tali yang putus kemudian di sambung," bebernya.

Waka Kesiswaan MA Al Ibrohimi M. Yazid Nur menuturkan saat itu, semua peserta sudah siap. Menurutnya tali di tiang bendera kondisinya ada sambungannya.

Saat acara dimulai pengibaran bendera, petugas ternyata melihat tali pengebaran bendera tali putus lagi.

"Ananda Sakha tahu tali putus spontan naik ke atas. Padahal selama gladi bersih hingga Kamis (17/8) dini hari kondisi talinya aman," ungkap dia.

Artikel ini telah tayang di TribunJatim.com dengan judul Aksi Berani Santri di Gresik Panjat Tiang Bendera saat Upacara HUT RI ke-78: Saya Spontan

https://surabaya.kompas.com/read/2023/08/19/123200578/cerita-santri-di-gresik-panjat-tiang-bendera-saat-upacara-kemerdekaan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke