Salin Artikel

Tugu Perguruan Silat di Situbondo Mulai Dibongkar demi Kondusivitas

SITUBONDO, KOMPAS.com - Tugu Perguruan Silat Persaudaraan Setia Hati (PSHT) di Desa Tlogosari, Kecamatan Sumbermalang, Kabupaten Situbondo, Provinsi Jawa Timur, dibongkar secara mandiri oleh puluhan warga pesilatnya setelah ada imbauan resmi dari Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Jawa Timur.

Pembongkaran tugu silat tersebut disaksikan oleh Pemerintah Desa Tlogosari, Forum Pimpinan Kecamatan Sumbermalang, PSHT Cabang Situbondo, dan tokoh agama.

Kasat Intel Polres Situbondo Iptu Dani Prastiansyah mengatakan, kegiatan pembongkaran tersebut dilakukan secara bertahap untuk antisipasi terjadi keonaran dan menjaga kondisifitas di masyarakat.

"Informasinya benar sudah dibongkar tugu PSHT di Sumbermalang secara mandiri sesuai dengan kesepakatan," ucapnya, Senin (14/8/2023).

Dia juga menyatakan, pembongkaran tugu perguruan silat tersebut juga diikuti oleh semua daerah. Untuk di Kabupaten Situbondo, pembongkaran tidak diberlakukan batasan waktu.

"Semua daerah kota dan kabupaten di Jawa Timur melakukan pembongkaran serupa," ucapnya.

Pembongkaran tugu perguruan silat tidak hanya fokus untuk PSHT, tetapi untuk semua perguruan silat di Kabupaten Situbondo. Namun, juga wajib diikuti semua perguruan silat.

"Pembongkaran ini tidak hanya untuk PSHT, namun Pagarnusa, IKSPI, Persanas ASAD, dan semuanya kalau ada tugunya," katanya.

Kegiatan pembongkaran tugu perguruan silat di Provinsi Jawa Timur tersebut sesuai dengan surat imbauan dengan Nomor 300/5984/209.5/2023 terkait Penertiban atau Pembongkaran Tugu Perguruan Silat.

https://surabaya.kompas.com/read/2023/08/14/165657778/tugu-perguruan-silat-di-situbondo-mulai-dibongkar-demi-kondusivitas

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke