Salin Artikel

Anies Baswedan: Pembangunan Jalan Tol Bagus tapi Harus Ada Unsur Keadilannya

SURABAYA, KOMPAS.com - Bakal calon presiden dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP), Anies Baswedan, berjanji akan meneruskan pembangunan jalan tol jika terpilih menjadi presiden pada Pemilu 2024 nanti. Menurutnya, pembangunan jalan tol bermanfaat untuk masyarakat.

Namun, menurut Anies, pembangunan jalan tol harus memiliki unsur keadilan.

"Pembangunan jalan tol bagus karena bermanfaat untuk masyarakat, tapi harus ada unsur keadilannya," kata Anies di Pondok Pesantren At Tauhid Surabaya, Kamis (10/8/2023).

Selama ini, kata Anies, pembangunan jalan tol di Indonesia kurang memperhatikan unsur keadilan. Sehingga, dampak ekonomi dari adanya tol hanya dinikmati oleh investor dan perusahaan negara yang mengelola.

"Boleh tidak, rakyat pemilik lahan yang dipakai jalan tol juga ikut merasakan dampak ekonomi selama tol itu berdiri," ujarnya.

Anies juga menyinggung keberadaan rest area yang banyak dibangun di sepanjang jalan tol. Rest area tersebut hanya dikuasai investor yang membeli atau yang menyewa kepada pengelola jalan tol.

Anies ingin rest area di jalan tol bisa dikelola oleh pemerintah desa di lokasi tersebut. Sehingga, dampak ekonominya juga bisa dirasakan oleh penduduk desa tempat rest area itu berada.

https://surabaya.kompas.com/read/2023/08/10/202017078/anies-baswedan-pembangunan-jalan-tol-bagus-tapi-harus-ada-unsur-keadilannya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke