Salin Artikel

Uskup Surabaya Vincentius Sutikno Meninggal Dunia

Hal tersebut diungkapkan oleh Vikaris Pastoral Keuskupan Surabaya, Romo Agustinus Tri Budi Utomo, ketika ditemui di kantornya, Jalan Mojopahit, Keputran, Surabaya, Jawa Timur.

"Bapak Uskup menghadap Tuhan 10.29 WIB. Beliau wafat setelah menjalani perawatan panjang," kata Agustinus.

Agustinus mengatakan, Vincentius sudah berjuang melawan penyakit kanker sejak 2017.

"Beliau wafat setelah menjalani perawatan cukup panjang," jelasnya.

Agustinus menjelaskan, ketika itu Vincentius juga menderita penyakit kronis lainnya.

Akhirnya, pria yang sudah menjadi Uskup Surabaya sejak 2007 tersebut, dirawat di RS Katolik RKZ.

Agustinus mengungkapkan, Uskup menjalani pengobatan terakhirnya di Singapura pada pertengahan 2022, hingga awal 2023. Hasilnya, kondisi Vincentius terus membaik dan diperbolehkan pulang.

Namun, ketika Vincentius baru saja merasakan bisa kembali ke aktivitas normalnya, dia mengalami sakit tulang belakang dan kembali dirawat di RKZ, pada Maret 2023.

Tak lama, Vincentius kembali menjalani perawatan di RKZ, setelah mengalami infeksi paru-paru. Bahkan, Uskup mengalami kejang hingga harus dilarikan ke ruang ICU, 4 Agustus 2023.

"Setelah itu, kondisinya terus menurun dan 10 Agustus, pagi, setelah para romo dan suster berdoa, begitu mengucap Amin, Uskup menghembuskan napas terakhir," tutupnya.

Agustinus sendiri mengingat Vincentius sebagai sosok yang mudah membaur dengan orang lain. Bahkan, Uskup tersebut tetap memiliki sifat khas orang Surabaya yang spontan.

Selain itu, kata Agustinus, Vincentius juga jarang terlihat bersedih meski dalam keadaan sakit. Pria tersebut juga sangat mempercayai para wakilnya dalam mengerjakan suatu hal.

"Gembira, senang bercanda, terbuka. Kami merasa dia sangat rendah hati, mempercayai wakilnya untuk berkreasi, berinisiatif, pokoknya bagus, sudah disuruh jalan (mengerjakan)," jelasnya.

https://surabaya.kompas.com/read/2023/08/10/200654378/uskup-surabaya-vincentius-sutikno-meninggal-dunia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke