Salin Artikel

Penumpang Kapal Tujuan Lombok dari Banyuwangi Wajib Beli Tiket Online

"Iya, ini bagian dari upaya meningkatkan kualitas layanan," kata General Manager PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Ketapang, Syamsudin, Selasa (8/8/2023).

Selain itu, juga sebagai langkah konkret otoritas pelabuhan agar validitas data penumpang serta kendaraan dapat benar-benar terverifikasi.

"Sosialisasi sudah kami lakukan kepada seluruh pengguna jasa pelabuhan sejak Jumat (4/8/2023) lalu," ungkapnya.

Menurut Syamsudin, selama ini pembelian tiket dari Pelabuhan ASDP Ketapang ke Lembar dilakukan secara manual.

Namun ternyata, pembelian secara manual tersebut, malah membuat pihak pelabuhan kesulitan mendapatkan data identitas penumpang dan kendaraan secara valid.

"Karena kalau online, data itu kan diinput. Jadi otomatis langsung tersimpan,” ujr Syamsudin.

Syamsudin menjelaskan, transaksi pembelian tiket manual seringkali dilakukan tanpa menunjukkan identitas diri seperti KTP, SIM maupun STNK.

Dikatakan, jika semua data penumpang valid dan terinput dengan baik dalam sistem, maka memudahkan pihak pelabuhan dalam melakukan asessmen.

"Ini demi keamanan dan kenyamanan bersama. Kita tidak ingin terjadi insiden, namun kita antisipasi agar jika terjadi sesuatu kita bisa monitoring," jelas Syamsudin.

Syamsudin mencontohkan, sistem tersebut berlaku seperti transportasi udara.

"Sebenarnya tidak hanya berlaku di kita, tapi juga kita ingin mencontoh airline dimana data penumpang itu valid dan benar. Maka teknologi ini harus kita ikuti," kata Syamsudin.

Untuk memudahkan sosialisasi, ASDP bekerja sama dengan sejumlah gerai retail untuk memberikan layanan penjualan tiket secara online melalui aplikasi.

"Harapan kami pengguna jasa ini bisa beli tiket sendiri lewat ponsel, tapi tentu itu butuh waktu. Maka kerja sama di gerai kita lakukan," tandas Syamsudin.

https://surabaya.kompas.com/read/2023/08/09/060118478/penumpang-kapal-tujuan-lombok-dari-banyuwangi-wajib-beli-tiket-online

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke