Salin Artikel

Sopir Truk Tewas Terkocok Mesin Molen Cor, Polisi: Murni Kecelakaan Kerja

MADIUN, KOMPAS.com - Aparat Polsek Balerejo, Madiun, memastikan kasus tewasnya Gunari di dalam tabung mikser molen adalah murni kecelakaan kerja.

Pasalnya hasil rekaman video CCTV menunjukkan korban terjatuh sendiri saat hendak membersihkan tabung mikser molen sebelum diisi cor beton kemarin.

Kapolsek Balerejo AKP Slamet Riadi yang dikonfirmasi Kompas.com, Selasa (8/8/2023), menyatakan hasil olah tempat kejadian perkara dan rekaman CCTV menunjukkan korban meninggal lantaran kecelakaan kerja.

Namun untuk penanganan lebih lanjut kasus ini diserahkan kepada Satreskrim Polres Madiun.

“Itu kemarin kecelakaan kerja. Tidak ada unsur lain-lain. Untuk penanganan lebih lanjut diserahkan ke Polres Madiun,” kata Slamet.

Slamet menjelaskan, hasil olah tempat kejadian perkara dan rekaman CCTV menunjukkan korban jatuh karena kesalahannya sendiri.

Sebelum terjatuh, korban terlihat sedang membersihkan tabung mikser molen.

Namun tak lama kemudian, besi yang digunakan untuk membersihkan jatuh ke dalam tabung mikser. Kontan korban berupaya mengambil namun malah terpleset terjatuh masuk ke dalam tabung mikser molen.

“Hasil olah TKP dan pengecekan rekaman CCTV memang kesalahan korban sendiri. Dari rekaman CCTV korban sementara membersihkan. Kemudian besinya untuk membersihkan jatuh ke dalam mikser. Kemudian korban mau mengambil kemudian kepleset masuk ke dalam,” tutur Slamet.

Sebelum ditemukan tewas tergiling tabung mikser molen, korban sempat dicari rekan kerjanya. Sesaat kemudian, rekan korban mendapati sepatu yang biasa digunakan Gunari berada di dekat truk.

Setelah dilakukan pencarian, rekan korban mendapati jasad Gunari berada di dalam tabung mikser molen dalam posisi berputar.

Mengetahui jasad korban berada didalam tabung mikser molen, rekan korban langsung mematikan mesin truk dan melaporkan kejadian itu kepada pihak perusahaan.

Slamet menambahkan kecelakaan kerja yang menimpa pekerja hingga menyebabkan meninggal dunia di PT Citra Indobaten Abadi (Ciamix) baru terjadi kali ini.

Usai dievakuasi dan dilakukan pemeriksaan di rumah sakit, kata Slamet, jenazah Gunari diserahkan kepada keluarga untuk dimakamkan di Desa Banjarsari, Kecamatan Madiun kemarin sore.

“Kemarin setelah dievakuasi dibawa ke rumah sakit. Setelah dilakukan pemeriksaan di rumah sakit kemudian dari perusahaannya jasad korban diserahkan kepada keluarganya untuk dimakamkan di kampung halamannya,” demikian Slamet.

Diberitakan sebelumnya, seorang pria bernama Gunari (53) ditemukan tewas di dalam tabung truk mikser molen cor beton milik PT Citra Indobaten Abadi di Desa Garon, Kecamatan Balerejo, Kabupaten Madiun, Jawa Timur, Senin (7/8/2023) pagi.

Kepala Kepolisian Sektor Balerejo AKP Slamet Riadi mengatakan, korban ditemukan dalam kondisi tak bernyawa oleh rekan kerjanya di dalam tabung truk molen.

“Jenazah korban ditemukan dalam kondisi meninggal dunia oleh rekan kerjanya sendiri bernama Suwardji,” jelas Slamet saat dikonfirmasi, Senin.

Slamet menyatakan, petaka yang menimpa Gunari bermula saat korban memanasi mesin kendaraan truk molen bernomor polisi AE 8509 UF yang biasa dikemudikan korban sambil mengantre mengambil cor beton, Senin (7/8/2023) pagi.

Sebelum dijalankan, korban sempat membersihkan tabung mikser truk tersebut. Nahasnya, saat membersihkan itu, pria asal Desa Banjarsari, Kecamatan Madiun, itu diduga terpeleset hingga masuk ke tabung mikser cor beton truk dalam posisi tabung berputar.

https://surabaya.kompas.com/read/2023/08/08/212520678/sopir-truk-tewas-terkocok-mesin-molen-cor-polisi-murni-kecelakaan-kerja

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke