Salin Artikel

Lupa Matikan Tungku Api, Rumah Milik Perajin Bambu di Situbondo Terbakar

SITUBONDO, KOMPAS.com - Rumah sekaligus warung milik Saniati (54) warga Desa Arjasa, Kecamatan Arjasa, Kabupaten Situbondo, Provinsi Jawa Timur ludes terbakar pada Jumat (4/8/2023) malam.

Peristiwa tersebut terjadi akibat korban yang merpakan perajin bambu diduga lupa matikan tungku api.

Kabid Damkar Satpol PP Situbondo Imam Busiri membenarkan peristiwa kebakaran tersebut. Api membakar warung sekaligus rumah milik korban pada pukul 21.00 WIB. Pihak pemadam kebakaran terjun ke lokasi sekitar 22.00 WIB.

"Jam 23.00 WIB malam itu api sudah padam dan sudah pembasahan antisipasi bara api hidup kembali," kata Imam Busiri kepada Kompas.com Sabtu (5/8/2023).

Lokasi rumah korban yang berada di pinggir Jalan Pantura di Kecamatan Arjasa, Kabupaten Situbondo membuat api dengan mudah terlihat oleh pengendara yang melintas. Sehingga banyak video dan foto yang memosting di sosial media.

"Iya tepat di pinggir Jalan Pantura dekat masjid, dan tidak ada korban," katanya.

Imam juga menyatakan bahwa ketika peristiwa kebakaran terjadi si pemilik warung sedang tidak ada di lokasi. Namun ada tetangga korban yang mengabari dan langsung berteriak meminta tolong warga lainnya.

"Para warga yang mengetahui meminta tolong warga lainnya, para warga sempat memadamkam api dengan alat seadanya," ucapnya.

Tidak lama setelah itu, dua unit mobil pemadam kebakaran langsung datang dan memadamkan api dengan waktu yang cukup lama yakni satu jam, dari pukul 22.00 WIB sampai 23.30 WIB.

Kondisi kerusakan bangunan dari peristiwa kebakaran tersebut seratus persen dan diperkirakan merugikan korban sampai Rp 35 juta. Tidak hanya bangunan, namun kerajinan dari bambu yang hendak dijual juga hangus terbakar.

https://surabaya.kompas.com/read/2023/08/05/171801378/lupa-matikan-tungku-api-rumah-milik-perajin-bambu-di-situbondo-terbakar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke