Salin Artikel

Trek Baru Ujian SIM C Diklaim Lebih Mudah, Bisa Dicoba Sebelum Praktik

Mulya menjelaskan, di trek baru ini masih terdapat lima pola menikung. Namun, trek ini lebih mudah dibandingkan trek lama karena jalur diperlebar dari 120 sentimeter menjadi 160 cm.

"Lebar kendaraan roda dua sekitar 80 cm. Lebar jalur memiliki lebar dua kali lebar kendaraan, yakni 160 cm," kata Mulya kepada wartawan, Sabtu (5/8/2023).

Mulya juga menyebut trek baru memiliki rute lebih pendek dibandingkan trek lama. Namun, dia tidak menjelaskan berapa panjang trek tersebut.

Adapun Polres Blitar Kota juga setiap Rabu akan memberikan kesempatan kepada pemohon SIM C untuk berlatih lebih dulu di area ujian praktik yang ada di Mapolres Blitar Kota.

Kegiatan itu bakal didampingi petugas yang akan memberikan bimbingan langsung.

Di luar hari Rabu, masyarakat secara berkelompok juga dapat mengajukan permohonan untuk berlatih berkendara di trek baru tersebut.

Sebelumnya diberitakan, Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri secara resmi menghapus tes angka "8" dan zig-zag dari ujian praktik Surat Izin Mengemudi (SIM) C.

Sebagai gantinya, Korlantas Polri mengganti tes angka 8 menjadi manuver berbentuk huruf "S". Kebijakan ini berlaku mulai Jumat (4/8/2023).

https://surabaya.kompas.com/read/2023/08/05/134219778/trek-baru-ujian-sim-c-diklaim-lebih-mudah-bisa-dicoba-sebelum-praktik

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke