Salin Artikel

15 Hektar Hutan di Gunung Gundil Situbondo Terbakar

SITUBONDO, KOMPAS.com - Lahan hutan seluas 15 hektar di Gunung Gundil, Desa Klatakan, Kecamatan Kendit, Kabupaten Situbondo, Provinsi Jawa Timur, hangus terbakar pada Selasa (1/8/2023) malam. Pemadaman dilakukan secara manual karena warga sedang kesulitan mendapatkan air.

Koordinator Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalops) BPBD Situbondo Puriyono membenarkan kebakaran yang ada di Gunung Gundil. Proses pemadaman dilakukan oleh petugas dengan dibantu oleh warga sekitar.

"Informasi masuk bahwa ada kebakaran pukul 16.30 WIB dan petugas menuju lokasi melakukan pemadaman bersama warga sampai malam," kata Puriyono, Rabu (2/8/2023).

Lahan yang terbakar tersebut adalah hutan jati milik Perhutani KPH Bondowoso. Kondisi daun yang meranggas akibat musim kemarau membuat api mudah meluas.

Proses pemadaman api cukup sulit karena api dengan mudah menjalar ke tempat lain. Pada saat yang bersamaan api cukup kencang menyebarkan api ke arah utara.

"Warga memadamkan api dengan cara manual digepyok (dipukul-pukul pakai kayu)," ucapnya.

Luas lahan yang terbakar diperkirakan mencapai 15 hektar. Penyebab kebakaran masih belum dipastikan.

Kejadian kebakaran tersebut sempat viral di media sosial karena Gunung Gundil sangat mudah terlihat dari Jalan Raya Pantura. Ketika kebakaran banyak warga yang melintas mengabadikan momen tersebut.

"Kami memadamkan api sampai malam dan api berhasil dipadamkan," katanya.

https://surabaya.kompas.com/read/2023/08/02/075825578/15-hektar-hutan-di-gunung-gundil-situbondo-terbakar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke