Salin Artikel

Pria Obesitas Seberat 200 Kilogram di Surabaya Dievakuasi Usai Tak Sadarkan Diri

SURABAYA, KOMPAS.com - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Surabaya mengevakuasi pria obesitas yang sempat tidak sadarkan diri di rumahnya, Selasa (1/8/2023). Pasien dengan berat sekitar 200 kilogram itu langsung dibawa ke RSUD dr. Soetomo.

Kabid Kedaruratan dan Logistik (Darlog) BPBD Surabaya, Buyung Hidayat Rachman mengatakan, pria obesitas yang dievakuasi tersebut adalah, S (51), warga Jalan Pogot Jaya, Kenjeran.

BPBD mendapatkan laporan tersebut dari pihak keluarga sekitar pukul 13.50 WIB. Sebab, pasien obesitas itu secara tiba-tiba mengeluh sesak napas dan kehilangan kesadaran.

"Menurut keterangan keluarga yang mengetahui, pasien bangun tidur minta tolong karena mengalami sesak dan tiba-tiba tidak sadar diri," kata Buyung ketika dihubungi melalui pesan, Selasa.

Pihak keluarga menyebut, tak lama kemudian pasien sadar, namun kondisinya tidak stabil. Akhirnya, mereka langsung menghubungi Command Center 112 untuk meminta bantuan evakuasi.

"Petugas sampai di lokasi sekitar pukul 14.10 WIB. Pengecekan kondisi pasien dilakukan oleh rekan TGC (Tim Gerak Cepat)," jelasnya.

Berdasarkan video yang beredar, sejumlah petugas gabungan dibantu warga sekitar mengevakuasi pria obesitas tersebut menggunakan tandu yang terbuat dari kayu dan sarung.

Kemudian, pasien dibawa menggunakan kendaraan bak tertutup berwarna hijau yang di dalamnya diberi alas kasur lipat. Sedangkan, mobil Command Center dan ambulans mengikuti di belakang.

Kondisi pria dengan berat 200 kilogram tersebut hingga sekarang masih belum diketahui. Namun, pasien saat ini sudah mendapatkan penanganan di RSUD dr. Soetomo.

"Pasien dirujuk Ke IGD RSUD dr. Soetomo, sebab memerlukan penanganan lebih lanjut. Kondisi sadar, darah tinggi, lambung, klestrol, dan obesitas," tutupnya.

https://surabaya.kompas.com/read/2023/08/02/054734378/pria-obesitas-seberat-200-kilogram-di-surabaya-dievakuasi-usai-tak-sadarkan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke