Salin Artikel

Kades di Sidoarjo Gelar Pertunjukan dan Sawer Biduan untuk Peringati Satu Tahun Menjabat

SURABAYA, KOMPAS.com - Sebuah video yang memperlihatkan seorang kepala desa di Sidoarjo, Jawa Timur, menggelar pertunjukan orkes dan menyawer biduan, viral di media sosial. Kades itu kini sudah mendapatkan peringatan.

Berdasarkan video yang beredar, tampak Kepala Desa Karangbong, Gedangan, Sidoarjo, Bambang Asmuni tengah berjoget di atas panggung. Dia terlihat ditemani sejumlah pria dan penyanyi wanita.

Kemudian, pria yang mengenakan kemeja batik berwarna cokelat tersebut merogoh sakunya. Dia mengeluarkan sejumlah uang dan diberikan kepada rekannya yang ikut berjoget di atas panggung.

Menanggapi hal itu, Asmuni mengatakan, rekaman video tersebut diambil saat acara satu tahun jabatanya. Dia menggelar pertunjukan itu untuk menghibur para pendukung dan lawan politiknya.

"Electone bukan orkes, memeriahkan warga Desa Karangbong, menyatukan kubu lawan dan kubu saya, termasuk menghibur timses (tim sukses)," kata Asmuni ketika dihubungi melalui pesan, Selasa (1/8/2023).

Asmuni menampik adanya minuman keras dalam acara tersebut. Namun, dia membenarkan telah memberikan sejumlah uang untuk menyawer para penyanyi di atas panggung.

"Enggak ada botol miras. Sudah biasa kalau nyawer, itu uang ku sendiri," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Sidoarjo, Mulyawan mengatakan, kasus tersebut sudah ditangani oleh pemerintah kecamatan setempat.

"Hal tersebut (Video Kepala Desa Karangbong) sudah ditangani oleh Camat Gedangan sebagai Binwas Kades di wilayahnya," kata Mulyawan.

Mulyawan pun masih menunggu hasil pemanggilan Kepala Desa Karangbong tersebut oleh pihak kecamatan. Apabila Asmuni dinyatakan bersalah, maka dia akan diberi sanksi berupa teguran.

"Setelah dipanggil oleh Camat setempat, kalau terbukti melakukan pelanggaran bisa dijatuhi sanksi berupa teguran lisan maupun tertulis," tutupnya.

https://surabaya.kompas.com/read/2023/08/01/154318078/kades-di-sidoarjo-gelar-pertunjukan-dan-sawer-biduan-untuk-peringati-satu

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke