Salin Artikel

Kemacetan Panjang di Pelabuhan Talango Sumenep, Warga: Bertahun-tahun Tak Pernah Beres

Penyebab antrean di pelabuhan Talango-Kalianget Sumenep itu ditengarai lantaran sedikitnya jumlah kapal tongkang yang beroperasi.

"Volume kendaraan setiap hari selalu tinggi, sementara jumlah kapal tongkang yang beroperasi sedikit," kata salah seorang sopir pikap bernama Mahmud kepada Kompas.com, Jumat (28/7/2023).

Lambatnya respons

Mahmud menilai, pemerintah daerah dalam hal ini Dinas Perhubungan Kabupaten Sumenep lambat merespons persoalan antrean kendaraan di Pelabuhan Talango Sumenep.

Apalagi, lanjut dia, masalah itu sudah terjadi selama bertahun-tahun.

Empat kapal tongkang yang ada di pelabuhan tak semuanya beroperasi. Kadang, kata Mahmud, hanya dua kapal tongkang yang beroperasi.

"Padahal sudah bertahun-tahun tidak pernah beres, masa mau seperti ini (antrean panjang) terus," kata dia.

Di penyeberangan Talango-Kalianget sendiri setidaknya ada empat kapal tongkang yang beroperasi yakni KM. Serbaguna III, KM. Safaraz Jaya, KM. Samporna Maju, dan KM. Karjon IV.

Dari 4 kapal tongkang itu, KM. Serbaguna III, KM. Safaraz Jaya, dan KM. Karjon IV yang biasa beroperasi. Situasi makin macet jika salah satu di antara kapal itu memilih untuk tidak beroperasi.

Penjelasan Dinas

Kepala Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Pemukiman dan Perhubungan (Disperkimhub), Yayak Nurwahyudi membenarkan bahwa antrean kendaraan disebabkan karena ada kapal tongkang yang tak beroperasi.

"Kita sudah cek ternyata yang beroperasi hanya dua tongkang, itu yang membuat antrean kendaraan terjadi," kata dia.

Yayak mengaku, pihaknya sudah berkoordinasi dengan operator masing-masing kapal tongkang terkait jadwal kapal agar kapal cadangan bisa menggantikan.

"Kalau misalnya satu dari tiga kapal tidak bisa beroperasi, kita minta untuk melapor agar dialihkan ke kapal cadangan," tutur dia.

"Jadi empat tongkang itu sudah cukup, masalahnya hanya ketika ada satu tongkang tidak beroperasi dan tidak melapor, makanya kita harapkan agar melapor secara dini agar tongkang cadangan bisa beroperasi," pungkasnya.

https://surabaya.kompas.com/read/2023/07/28/153403978/kemacetan-panjang-di-pelabuhan-talango-sumenep-warga-bertahun-tahun-tak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke