Salin Artikel

Megawati Resmikan Kebun Raya Mangrove Gunung Anyar Surabaya

SURABAYA, KOMPAS.com - Ketua Yayasan Kebun Raya Indonesia Megawati Soekarnoputri meresmikan Kebun Raya Mangrove Gunung Anyar di Surabaya, Jawa Timur, pada Rabu (26/7/2023).

Berdasarkan pantauan Kompas.com di lokasi, Megawati datang ke Kebun Raya Mangrove Gunung Anyar bersama Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Prawansa dan Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi.

Rombongan tersebut datang sekitar pukul 11.00 WIB. Kemudian, mereka menaiki satu mobil golf untuk berkeliling Kebun Raya Mangrove Gunung Anyar.

Megawati mengatakan, kehadiranya di Surabaya tersebut lantaran diminta secara langsung oleh Eri Cahyadi untuk meresmikan Kebun Raya Mangrove Gunung Anyar.

"Tari di mobil, dari kemarin Pak Eri sebagai penanggung jawab, wali kota Surabaya itu, jauh sebelumnya minta-minta, ibu yang buka Kebun Raya Mangrove," kata Megawati dalam sambutanya.

Mantan Presiden ke-5 RI itu menyebut, dirinya sudah sempat berbincang dengan wali kota Surabaya sebelumnya, Tri Rismaharini terkait penanaman tumbuhan di sekitar pesisir.

"Ini sebenarnya inisiasi saya dengan Ibu Risma, ketika Ibu Risma bertanya, mula-mula yang (Pantai) Kenjeran. Beliau bilang begini, bu bagaimana ya menanam sesuatu agar Kenjeran tidak gersang," jelasnya.

"Saya spontan cari yang namanya cemara udang, supaya tidak nge-bully, ini (yang ditanam) namanya cemara udang. Kenapa namanya cemara udang, saya juga tidak tahu," tambahnya.

Menurut Megawati, cemara udang bisa menahan agar air laut tidak sampai masuk ke jalanan. Sebab, tanaman itu disebut memiliki akar yang sangat kuat dan bisa memecah gelombang.

"Karakter cemara udang sebagai peneduh sebuah tempat, juga dapat menahan kalau ada rob atau justru juga tsunami. Karena karakternya karena cabangnya masuk-masuk," ucapnya.

Sementara itu, Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mengatakan, keberhasilan pembangunan Kebun Raya Mangrove Gunung Anyar merupakan berkat campur tangan Tri Rismaharini.

"Dulu Ibu Risma mempertahankan tempat ini, sehingga tidak ada yang masuk merusak tempat ini. Hingga sekarang berkembang menjadi konservasi mangrove seperti ini," kata Eri.

Selain itu, Eri juga memohon kepada Megawati untuk membimbingnya dalam merawat tanaman mangrove tersebut. Sebab, dia berencana menambah jenis tumbuhan di lokasi tersebut.



"Mohon arahan dan bimbingan agar mangrove ini lebih baik. Di sini ada 57 spesies. Kami akan bekerja sama dengan tempat lain untuk menambah spesies," jelasnya.

https://surabaya.kompas.com/read/2023/07/26/164629678/megawati-resmikan-kebun-raya-mangrove-gunung-anyar-surabaya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke