Salin Artikel

2 Rumah di Kota Malang Terbakar, Api Berasal dari Kompor yang Lupa Dimatikan

MALANG, KOMPAS.com - Kebakaran melanda dua rumah kontrakan di Jalan Kertosariro, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur, pada Selasa (25/7/23) sekitar pukul 16.00 WIB. Perabotan dari kedua rumah terlihat hangus tak bersisa.

Salah satu rumah yang terbakar ditinggali oleh pengontrak pasangan suami istri bernama Sujito dan Supatmi yang sudah lanjut usia.

Taufik (43), warga sekitar, mengaku mengetahui kejadian tersebut setelah mendengar teriakan dari salah satu penghuni rumah. Saat Taufik keluar rumah, kondisi api sudah membesar.

"Kemudian warga dengan peralatan seadanya mencoba memadamkan api dan menghubungi petugas pemadam kebakaran," kata Taufik, Selasa.

Informasi yang didapatkannya dari pengontrak rumah, penyebab kebakaran berasal dari kompor yang menyala. Saat itu, Supatmi sedang memasak di dapur dan suaminya dalam kondisi tidur.

Kemudian, Supatmi menemui tamu yang datang ke rumahnya. Saat itu, Supatmi lupa belum mematikan kompor. Tidak lama, asap dan bau gosong menyengat serta api menyala di dalam rumahnya.

Tidak ada korban jiwa atau luka dalam kejadian itu. Supatmi dan Sujito berhasil menyelamatkan diri.

"Hanya syok saja (kedua pasutri pengontrak)," kata Taufik.

Kepala UPT Pemadam Kebakaran Satpol PP Kota Malang, Agoes Soebekti mengatakan, pihaknya menerjunkan 5 unit mobil pemadam dengan 20 personel untuk memadamkan api.

Api juga merembet ke rumah kontrakan sebelahnya. Untuk total luas bangunan yang terdampak kebakaran sekitar 70 meter persegi. Sedangkan total kerugian materi dari kejadian tersebut diperkirakan mencapai Rp 250 juta.

"Persentase yang terbakar sekitar 70 persen. Penyebab kebakaran, penghuni rumah lupa mematikan kompor," kata Agoes.

https://surabaya.kompas.com/read/2023/07/25/200500578/2-rumah-di-kota-malang-terbakar-api-berasal-dari-kompor-yang-lupa-dimatikan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke