Salin Artikel

Jokowi Bantah "Jodohkan" Prabowo dan Erick Thohir di Malang

KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Kabupaten Malang, Jawa Timur (Jatim), pada Senin (24/7/2023).

Dalam kunjungan tersebut, Jokowi mengajak Menteri Pertahanan (Menhan), Prabowo Subianto, dan Menteri BUMN, Erick Thohir.

Jokowi membantah kunjungannya kali ini bernuansa politis. Dia mengatakan, alasannya mengajak Prabowo dan Erick Thohir lantaran mereka akan mengunjungi PT Pindad di Kabupaten Malang, Jatim.

"Pindad itu di bawah Pak Menteri BUMN Pak Erick Thohir dan di bawah Pak Menhan Prabowo," kata Jokowi, di Pasar Bululawang, Kabupaten Malang, Jatim.

Jokowi menjelaskan, dia bersama jajarannya mengunjungi PT Pindad karena saat ini permintaan alutsista dari konsumen luar negeri meningkat pesat.

"Jadi kami akan rapat nanti di Pindad dengan dirut dan komisaris utama, semuanya ingin memutuskan ke arah mana Pindad ini akan dibawa," ujar Jokowi.

Respons Erick Thohir dan Prabowo

Saat Jokowi menjelaskan bahwa keikutsertaan Erick Thohir dan Prabowo Subianto dalam kunjungannya ke Malang, respons kedua menteri itu pun menjadi sorotan.

Saat awak media bertanya apakah Jokowi sedang menjodohkan Prabowo dan Erick untuk Pilpres 2024, Prabowo tampak tersenyum tipis sedangkan Erick Thohir tertawa kecil.

"Tidak ada hubungannya dengan yang ditanyakan (soal dugaan perjodohan Prabowo dan Erick Thohir)," jawab Jokowi.

Blusukan di pasar

Sebelum ke PT Pindad, Jokowi beserta Prabowo dan Erick Thohir blusukan terlebih dahulu di Pasar Bululawang, Kabupaten Malang, Jatim.

Berdasarkan hasil tinjauannya, Jokowi menyampaikan, harga bahan pangan terbilang murah dan terkendali.

"Ini saya kira baik karena memang sebagian besar produksinya di Kabupaten Malang. Untuk inflasi, di sini terkendali, pasokan baik," ucap Jokowi.

Antusiasme warga

Pedagang dan warga sekitar Pasar Bululawang antusias usai mengetahui presiden akan datang ke tempat mereka. Sejak pagi mereka telah menanti kedatangan Jokowi dan jajarannya.

Salah satu pengunjung pasar, Nur Aisah mengaku sangat senang akan melihat langsung sosok presiden.

"Dengar kabar Pak Presiden mau datang, rasanya pengen ketemu sama Bapak (Jokowi) untuk pertama kalinya," ungkap Nur.

Dia bahkan tak masalah meski harus menunggu kedatangan Jokowi sejak pagi asalkan bisa melihat sosok presiden secara langsung.

"Rasanya deg-degan mau ketemu Pak Jokowi," pungkasnya.

https://surabaya.kompas.com/read/2023/07/24/145046578/jokowi-bantah-jodohkan-prabowo-dan-erick-thohir-di-malang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke