Salin Artikel

Suhu Dingin Landa Madura Malam Hari, Nelayan Kurangi Aktivitas Melaut

SUMENEP, KOMPAS.com - Suhu lebih dingin saat malam hari terjadi di Kabupaten Sumenep, Jawa Timur.

Tak hanya di Sumenep, suhu lebih dingin saat malam hari juga dirasakan di 4 kabupaten yang ada di Pulau Madura.

Ahmad Rofiq, warga desa Prenduan, Kecamatan Pragaan, Kabupaten Sumenep, mengaku suhu lebih dingin saat malam hari sudah ia rasakan selama dua minggu terakhir.

Pria yang berprofesi sebagai nelayan itu mengaku mengurangi aktivitasnya di pesisir pantai saat malam hari demi menjaga kesehatan tubuhnya.

Ia juga menggunakan jaket dengan ketebalan khusus untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan.

"Sudah dua minggu terkahir (suhu malam hari lebih dingin), makanya kalau ada aktivitas di pantai saat malam hari saya menggunakan baju yang tebal," kata Rofiq kepada Kompas.com, Senin (24/7/2023).

Selain Rofiq, warga lain yang juga merasakan suhu lebih dingin saat malam hari adalah Mustafa. Pria asal Kabupaten Sampang yang berprofesi sebagai pekerja tambak garam itu banyak melakukan pekerjaannya pada siang hari.

"Proses pengangkutan garam biasanya dilakukan malam hari, karena suhu lebih dingin makanya saya ganti siang hari," singkatnya.

Dihubungi terpisah, Kepala BMKG Kalianget Sumenep, Usman Holid mengatakan, perubahan suhu yang lebih dingin saat malam hari merupakan fenomena biasa yang terjadi hampir setiap tahun.

Fenomena itu, lanjut Usman, disebut fenomena bediding yang terjadi menjelang malam hingga pagi hari.

"Di Stasiun Meteorologi Trunojoyo Kalianget Sumenep suhu dingin tercatat 23.8 derajat Celcius," kata Usman kepada Kompas.com.

Usman menjelaskan, pada periode Bulan Juli 2023 ini, wilayah Australia berada dalam periode musim dingin.

Tekanan udara tinggi di Australia itu menyebabkan pergerakan massa udara dari Australia menuju Indonesia atau biasa disebut Monsoon Dingin Australia.

Akibatnya, suhu di beberapa wilayah di Indonesia terutama bagian selatan khatulistiwa yakni Pulau Jawa, Madura, Bali dan Nusa Tenggara terasa lebih dingin, khususnya pada malam hingga pagi hari.

"Jadi warga diimbau untuk menjaga kesehatan tubuh dengan cara konsumsi makanan bergizi dan istirahat yang cukup. Hindari aktivitas yang berlebihan dan membuat lelah terutama saat malam hari," pungkasnya.

https://surabaya.kompas.com/read/2023/07/24/113003678/suhu-dingin-landa-madura-malam-hari-nelayan-kurangi-aktivitas-melaut

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke