Salin Artikel

Gempa M 5,7 di Pacitan, Guncangan 2 Kali dan Warga Trenggalek Berhamburan

TRENGGALEK, KOMPAS.com - Gempa bumi mengguncang Pacitan, Jawa Timur dan guncangannya dirasakan di Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur, Minggu (23/07/2023).

Guncangan gempa terasa dua kali hingga sempat membuat warga panik.

Sesuai catatan Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG), gempa bumi terjadi di 84 kilometer barat daya wilayah Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, pada kedalaman 10 kilometer, dengan kekuatan magnitudo 5,7. Gempa terjadi sekitar pukul 19.33 WIB.

Gempa bumi tersebut juga terasa di Kabupaten Trenggalek. Gempa bumi terasa mengguncang dua kali dengan rentan waktu yang singkat.

Gempa bumi pertama terasa bergetar seperti alat berat melintas. Apabila dirasakan secara seksama, seperti ada benda ukuran besar yang jatuh.

"Gempa terasa berguncang, seperti benda besar jatuh," terang salah satu warga Trenggalek, Antonio, di salah satu tempat galeri kopi, Minggu (23/07/2023).

Tidak berselang lama, menyusul guncangan terasa mengayun lebih kencang. Guncangan disertai suara gemuruh membuat panik pengunjung. Mereka langsng berlarian keluar mencari tempat terbuka.

"Awalnya kami bertahan, ketika semakin terasa kencang, kami lari keluar," ujar Antonio.

Setelah situasi normal dan guncangan tidak terasa, mereka kembali masuk ruangan. Atas kejadian tersebut, belum ada informasi kerusakan atau korban jiwa.

Berdasarkan analisis BMKG, gempa bumi yang terjadi di Pacitan, Jawa Timur, tidak berpotensi tsunami.

https://surabaya.kompas.com/read/2023/07/23/203713878/gempa-m-57-di-pacitan-guncangan-2-kali-dan-warga-trenggalek-berhamburan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke