Salin Artikel

Update Tenggelamnya KLM Putri Kuning, Polairud Sebut 2 Penumpang Tewas, Korban Hilang 3 Orang

Dua warga tersebut ialah Sumarmi (48) warga Desa Klatakan, Kecamatan Kendit, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur dan Sima (57), warga Desa Pasir Putih, Kecamatan Bungatan, Situbondo.

Sedangkan tiga orang disebut masih belum diketahui keberadaannya.

"Tiga orang masih hilang dan dua orang meninggal, sedangkan tujuh orang selamat dan dirawat di Sumenep," kata Hasanudin ketika dihubungi via telepon, Kamis (20/7/2023).

Tiga korban hilang yaitu Irianti (9) warga Desa Jatisari, Kecamatan Kendit, Kabupaten Situbondo dan dua orang lainnya.

Kedua orang yang juga hilang belum diketahui identitasnya. Mereka berjenis kelamin laki-laki dan perempuan.

Hasanudin mengungkapkan, para korban yang masih hidup ditemukan oleh nelayan bernama Lukman asal Kabupaten Pamekasan Rabu (19/7/2023) pukul 02.00 WIB.

Ada tiga orang mengapung memegang papan dalam keadaan selamat.

"Setelah itu ditolong dan dibawa ke Pulau Gili Raja Kecamatan Giligenting, mereka yang ditolong yakni Saruji, Barmawi dan Jumarwi," katanya.

Sedangkan pada Rabu (19/72023) pukul 09.00 WIB, kapal pemancing asal Kecamatan Besuki Situbondo menemukan tiga orang yang sedang mengapung.

Setelah itu, ketiga orang tersebut dibawa ke Besuki Kabupaten Situbondo. Identitas tiga korban yakni Subairi, Laili dan Herik.

"Kecelakaan terjadi karena faktor cuaca yang buruk dan muatan yang melebihi muatan yang menyebabkan perahu diduga tabrak tiang," katanya.

Koordinator Pusdalop BPBD Situbondo Puriyono menyatakan jenazah korban meninggal atas nama Sima, telah dijemput oleh pihak keluarganya.

"Untuk korban identitas Sima warga Dusun Pacaron, Desa Pasir Putih, Kecamatan Bungatan akan dijemput pagi ini, kalau tidak ada cuaca buruk perjalanan dari Pulau Giliraja ke Pasir Putih bisa tiga jam," kata Puriyono, Kamis (20/7/2023).

Dia juga menyatakan bahwa pencarian para korban terus dilanjutkan. Para petugas Basarnas dan aparat dibantu oleh nelayan untuk pencarian. Sedangkan korban selamat sedang mendapat perawatan.

"Untuk sekarang semua korban dirawat di Sumenep, lokasi lebih dekat," ucapnya.

https://surabaya.kompas.com/read/2023/07/20/112417678/update-tenggelamnya-klm-putri-kuning-polairud-sebut-2-penumpang-tewas

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke