Salin Artikel

Operasi Patuh Semeru, Sejumlah Sopir Bus di Sumenep Kabur Saat Akan Dites Urine

Tes urine tersebut dalam rangka untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan dalam rangka Operasi Patuh Semeru 2023.

“Tes ini guna mengantisipasi penggunaan narkoba dan minuman beralkohol di kalangan sopir bus," kata Kapolres Sumenep AKBP Edo Satya Kentriko, Jumat (14/7/2023).

Edo menjelaskan, tes urine yang digelar Polres Sumenep tersebut dilakukan secara mendadak di area Terminal Arya Wiraraja Sumenep.

Beberapa sopir tampak belum siap menjalani tes sehingga kabur dan harus dicari dan dijemput oleh petugas.

Sejumlah sopir yang menolak dengan alasan belum siap itu akhirnya dijemput petugas. Hasilnya, tak ditemukan dari mereka yang positif narkoba.

"Memang ada beberapa sopir tidak siap atau baru bangun, minum obat atau apa sehingga takut untuk dites urine," kata Edo.

Selain tes urine, Edo menyebut, para sopir juga diperiksa tekanan darahnya.

“Bagi pengemudi yang mengalami gangguan kesehatan atau tekanan darah tinggi dalam batas normal akan diberi obat, sedangkan yang sehat kami beri vitamin untuk menambah stamina,” tuturnya.

Operasi Patuh Semeru 2023 menyasar sejumlah pelanggaran seperti penggunaan helm SNI untuk pengendara roda dua, batas kecepatan, melawan arus, pengendara di bawah umur.

Lalu, berkendara dalam pengaruh alkohol, berkendara menggunakan ponsel, safety belt untuk pengemudi roda empat dan Over Dimensi Over Loading (ODOL) muatan roda empat atau lebih.

https://surabaya.kompas.com/read/2023/07/14/182320378/operasi-patuh-semeru-sejumlah-sopir-bus-di-sumenep-kabur-saat-akan-dites

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke