Salin Artikel

Pemuda di Sampang Pukul Kepala Puskesmas Saat Audiensi Soal Pelayanan

SAMPANG, KOMPAS.com - Kepala Puskesmas Kecamatan Robatal, Kabupaten Sampang, Jawa Timur, Beny Irawan, dipukul seorang pemuda saat kegiatan audiensi yang dilakukan oleh Pemuda Peduli Reformasi Kabupaten Sampang di aula kantor Dinas Kesehatan Sampang, Selasa (11/7/2023).

Pemukulan itu terekam CCTV kantor Dinkes Sampang.

Dalam video tersebut, audiensi diwarnai keributan antara pihak Dinkes dengan kelompok pemuda. Tiba-tiba, ada pemuda berkaus warna biru dan bercelana jeans naik ke atas meja. Pemuda itu langsung mengayunkan tangan kanan, kemudian memukul Beny Irawan dari belakang.

Pukulan tersebut mengenai kepala Irawan. Setelah itu, pemuda tersebut turun dari atas meja.

Kepala Dinkes Sampang, Abdullah Najih membenarkan insiden pemukulan itu. Menurutnya, pemukulan itu dipicu kesalahpahaman atas apa yang disampaikan Beny Irawan.

"Pemuda yang audiensi itu salah paham atas pernyataan Beny Irawan sehingga ribut dan terjadilah pemukulan," kata Abdullah Najih saat dihubungi melalui sambungan telepon, Rabu (12/7/2023).

Setelah pemukulan, audiensi kemudian bubar. Beny Irawan yang terkena pukulan langsung melapor ke Polres Sampang dan melakukan visum sebagai bahan bukti laporan.

"Beny sendiri yang melaporkan pemukulan itu ke Polres Sampang karena setelah pemukulan itu Beny merasa pusing dan sempat muntah," imbuhnya.

Abdullah Najih mengungkapkan, peserta audiensi meminta Dinkes untuk mencopot Beny Irawan dari jabatannya sebagai kepala puskesmas. Namun, permintaan itu tidak langsung disetujui. Sebab, pencopotan bukan kewenangan Dinkes.

"Permintaan pemecatan (pencopotan) itu dilatarbelakangi persoalan layanan di Puskesmas Robatal," tandasnya.

Tanggapan polisi

Kepala Unit V Satuan Reserse Kriminal Polres Sampang, Aiptu Resa Purnomo membenarkan laporan atas nama Beny Irawan. Laporan itu disampaikan Selasa pada pukul 15.00 WIB.

"Pelapor membawa video rekaman," terang Resa Purnomo melalui sambungan telpon seluler.

Resa masih menunggu perintah Kapolres Sampang untuk melanjutkan laporan itu pada tahap penyelidikan.

"Pasti kami tindaklanjuti laporan itu. Namun belum ada petunjuk dari pimpinan," terangnya.

https://surabaya.kompas.com/read/2023/07/12/195759478/pemuda-di-sampang-pukul-kepala-puskesmas-saat-audiensi-soal-pelayanan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke