Salin Artikel

DLH Pamekasan Teliti Air Sungai yang Berubah Warna Jadi Merah

PAMEKASAN, KOMPAS.com - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur, sedang menelusuri penyebab berubahnya warna air sungai menjadi merah.

Air yang berubah warna menjadi merah terjadi di sepanjang sungai Desa Klampar, Kecamatan Proppo hingga Kecamatan Pamekasan.

Staf Bidang Pengaduan DLH Pamekasan, Devi Arifatin menjelaskan, tim dari DLH sudah mengambil sampel air yang berubah warna untuk diteliti.

Menurutnya, titik awal perubahan warna air itu ada di waduk Desa Samiran. Karenanya, tim juga mengambil sampel air di waduk tersebut.

"Hulu sungai yang berubah warna itu di waduk Samiran. Air itu yang kami jadikan sampel untuk penelitian," terang Devi Arifatin di lokasi pengambilan sampel, Senin (10/7/2023).

Devi menambahkan, air berwarna merah itu sudah mengalir luas ke sejumlah sungai dan anak sungai. Bahkan, sudah masuk ke anak-anak sungai di dalam kota Pamekasan.

"Anak sungai di Kelurahan Bugih, Kelurahan Jungcangcang, Kelurahan Parteker juga sudah merah. Air di sungai tersebut juga kami ambil sebagai sampel untuk dibandingkan dengan air yang ada di hulu," imbuhnya.

Devi enggan untuk berspekulasi tentang penyebab berubahnya air sungai tersebut. Meskipun, banyak warga yang menduga bahwa penyebab perubahan air adalah limbah pewarna batik.

"Silakan warga menduga, tapi kami tidak bisa menyebutkan karena harus melalui uji laboratorium dulu, ada kandungan apa saja di air tersebut," ungkapnya.

Sebelumnya diberitakan, air di aliran sungai di Pamekasan, Jawa Timur, mendadak berubah warna menjadi merah pekat. 

Menurut Abdurrahman, warga Desa Klampar, Kecamatan Proppo, perubahan warna air sungai menjadi merah itu terjadi sejak Minggu (9/7/2023). Saat itu, perubahan warna air hanya terjadi di sungai Desa Klampar saja.

Namun, hari ini perubahan warna air sudah semakin luas ke sejumlah sungai di dalam kota Pamekasan.

"Kalau kemarin hanya di Klampar saja yang diributkan warga. Sekarang sudah meluas kemana-mana," terang Abdurrahman.

https://surabaya.kompas.com/read/2023/07/10/202058278/dlh-pamekasan-teliti-air-sungai-yang-berubah-warna-jadi-merah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke