Salin Artikel

Rumah di Kota Batu Terbakar, Sejumlah Dokumen Penting Ikut Ludes

BATU, KOMPAS.com - Rumah milik Juwari (47) di RT 03 RW 04, Dusun Kekep, Desa Tulungrejo, Kota Batu, Jawa Timur, terbakar pada Minggu (2/7/2023).

Kejadian itu mengakibatkan satu kamar rumah hangus. Sejumlah barang berharga di kamar itu, seperti lemari pakaian, kasur dan lemari dengan dokumen penting ikut ludes dilalap api.

Warga pun ikut berupaya berjibaku memadamkan api dengan peralatan seadanya. Beberapa waktu kemudian, personel dari Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat) Kota Batu bersama mobil pemadam juga turun membantu memadamkan api.

Api dapat dipadamkan sekitar 1,5 jam kemudian. Tidak ada korban jiwa atau pun luka dalam kejadian tersebut. Api juga tidak sampai merembet ke seluruh bagian rumah.

"Setelah itu, petugas melakukan pembasahan dan pendinginan pada area yang terdampak kebakaran supaya api tidak muncul kembali," kata Komandan Regu Brama Damkarmat Kota Batu, Iwan, Minggu.

Kebakaran itu diduga disebabkan oleh korsleting listrik akibat charger HP yang masih tertancap di terminal kuningan. Sedangkan nilai kerugian dari kejadian tersebut diperkirakan mencapai Rp 50 juta.

"Untuk materi yang terbakar ada kasur, tempat tidur, lemari pakaian dan lain-lain," katanya.

Dengan adanya kejadian tersebut, dia mengimbau masyarakat untuk selalu waspada dalam penggunaan peralatan listrik. Selain itu, diharapkan untuk instalasi kelistrikan pada bangunan dapat dilakukan secara baik dan benar sesuai standar.

https://surabaya.kompas.com/read/2023/07/03/062954278/rumah-di-kota-batu-terbakar-sejumlah-dokumen-penting-ikut-ludes

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke