Salin Artikel

71 Warga Surabaya Diduga Keracunan Daging Kurban, BBLK Teliti 4 Sampel Makanan

SURABAYA, KOMPAS.com - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Surabaya telah mengambil sampel makanan yang dicurigai sebagai penyebab keracunan 71 warga di Kalilom Indah Seruni 2, Tanah Kalikedinding, Kenjeran, Surabaya. 

Sampel makanan tersebut saat ini sudah berada di Balai Besar Laboraturium Kesehatan (BBLK) untuk dilakukan penyelidikan lebih lanjut. 

"Terdapat empat jenis sampel yang dikirim ke laboratorium, yakni sate, gule, krengsengan, dan air," kata Kadinkes Kota Surabaya, Nanik Sukristina, Sabtu (1/7/2023).

Sementara itu, Kepala Puskesmas Tanah Kalikedinding Surabaya, dr Era Kartikawati mengatakan, pihaknya menunggu hasil BBLK untuk memastikan pemicu keracunan. 

“Untuk kepastian belum, tapi sudah mengambil sampel gulai, krengsengan, sate sudah dikirim ke BBLK hari ini. Masalah hasilnya kami belum tahu,” ucapnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, 71 warga yang mengalami keracunan massal dibawa ke Puskemas Tanah Kali Kedinding.

Setelah dilakukan pemeriksaan, ada 22 pasien dengan gejala ringan dan langsung diizinkan pulang.

Selanjutnya, 23 pasien berobat jalan dengan pemantauan Puskemas da 14 pasien jalani rawat inao. Saat ini kondisi seluruh pasien itu sudah stabil. 

Nanik menjelaskan, kejadian itu berawal saat warga menyembelih kambing kurban pada Kamis (29/6/2023).

Lalu, di hari yang sama pukul 19.00 WIB, ada warga yang menggelar kegiatan makan bersama.

"Kegiatan tersebut rutin dilakukan setiap tahun dan diikuti seluruh warga di kawasan RT 12 RW 10 Kelurahan Tanah Kali Kedinding," kata Nanik di Surabaya, Sabtu (1/7/2023).

Lalu, pada hari Jumat (30/6/2023) pagi, menjelang subuh, muncul keluhan dari warga ikut makan bersama. Mereka mengalami gejala keracunan.

"Jadi awalnya, warga sekitar menunjukkan ada keluhan mual, muntah, diare, badan panas disertai pusing setelah menyantap makanan yang disajikan secara massal pada hari Kamis itu," ujar Nanik.

Setelah itu, sebagian warga berinisiatif berobat secara mandiri. Setelah itu beberapa warga juga menghubungi Kepala Puskesmas Tanah Kali Kedinding sekitar pukul 16.00 WIB dengan gejala serupa.

https://surabaya.kompas.com/read/2023/07/02/080938878/71-warga-surabaya-diduga-keracunan-daging-kurban-bblk-teliti-4-sampel

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke