Salin Artikel

Kapten Kapal yang Kandas di Perairan Alas Purwo Banyuwangi Selamat

BANYUWANGI, KOMPAS.com - Wakirin (62), kapten atau nakhoda Kapal Sumber Berkat A, yang kandas di Perairan Alas Purwo, Banyuwangi, Jawa Timur, berhasil ditemukan selamat.

Pria asal Pekalongan, Jawa Tengah, itu ditemukan dalam kondisi selamat oleh Tim SAR Gabungan Banyuwangi, di atas kapal yang ditumpanginya.

"Ditemukan sekitar pukul 12.15 Wib, pada koordinat 8°44'916 S 114°21'190 E berjarak 120 meter dari pantai," kata Koordinator Pos SAR Banyuwangi, Wahyu Setya Budi, Minggu (25/6/2023).

Wakirin sebelumnya tertahan bersama 8 ABK lain di atas kapal. Namun saat upaya evakuasi ke-delapan ABK itu dilakukan, Wakirin tertinggal.

"Lalu pencarian kembali dilakukan untuk menjemput," ujar Wahyu.

Dalam upaya evakuasi para ABK yang terjebak di tengah laut, petugas sempat terkendala jaringan komunikasi.

"Handphone dan telepon satelit tidak ada di laporan keberangkatan kapal (LKK), sehingga pelaporan dan dokumentasi mengalami delay yang signifikan," ujar Wahyu.

Namun berkat koordinasi yang baik, akhirnya evakuasi terhadap Kapten Kapal Sumber Berkat itu berjalan lancar dan tidak begitu ada hambatan.

Sementara korban meninggal atas nama Sumantri (35) asal Kampung Rambutan, Jakarta Timur, dilarikan ke RSUD Blambangan Banyuwangi.

"Korban gagal mencapai daratan dan meninggal dunia saat berenang untuk menyelamatkan diri," tandas Wahyu.

"Selanjutnya korban dan kapalnya kami serahkan kepada pihak agen, selaku yang bertanggung jawab," imbuh Wahyu.

Dengan berhasilnya evakuasi terhadap 29 ABK Kapal Sumber Berkat, maka operasi SAR diusulkan untuk dihentikan.

"Semua unsur kembali ke satuan masing-masing," tandas Wahyu.

Para unsur yang terlibat antara lain Pos SAR, BPBD, TNI AL, Polairud, Polsek Tegaldlimo, Polhut, Pos Kamladu, Rapi Banyuwangi, Puskesmas serta nelayan setempat.

Sebelumnya diberitakan, Kapal Sumber Berkat A kandas karena tersangkut karang di perairan Plengkung Sawoan, Taman Nasional Alas Purwo Banyuwangi, pada Sabtu (24/6/2023) pukul 01.00 Wib.

Lokasi kandasnya kapal berada di koordinat 8°,44' 59" LS, 114°22'53"BT. Usai menabrak karang, kapal itu tercepit hingga lambung kapal bocor.

https://surabaya.kompas.com/read/2023/06/25/171058078/kapten-kapal-yang-kandas-di-perairan-alas-purwo-banyuwangi-selamat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke