Salin Artikel

Ledakan di Kota Batu Diduga akibat Pengolahan Bahan Kimia yang Tidak Sesuai

BATU, KOMPAS.com - Ledakan yang terjadi di sebuah bangunan di Jalan Mawar RT 1 RW 4, Kelurahan Dadaprejo, Kecamatan Junrejo, Kota Batu, Jawa Timur, diduga akibat dari pengolahan bahan kimia yang tidak sesuai. Kini, polisi sedang mendalami sejumlah barang yang ditemukan di lokasi kejadian.

Pada Kamis (22/6/2023), petugas kepolisian dari Penjinak Bom dan Labfor Polda Jatim telah melakukan penyisiran di lokasi ledakan itu. Penyisiran berlangsung mulai sekitar pukul 09.00 WIB hingga 14.00 WIB.

Kapolres Batu AKBP Oskar Syamsuddin mengatakan, dari hasil penyisiran didapatkan barang-barang yang diduga sebagai bahan pembuatan kembang api. Di antaranya, tiga kardus yang diduga berbentuk kembang api. Ukurannya, panjang 70 sentimeter dan 1 meter.

Selain itu, juga terdapat alat pemintal benang, bubuk kimia dengan berat diperkirakan puluhan kilogram.

"Barang lain seperti alat campur, alat bor, timbangan, beberapa serbuk-serbuk (kimia) diduga untuk bahan pembuatan kembang api," kata Oskar pada Kamis.

Pihaknya belum bisa menyampaikan kandungan zat kimia dalam bubuk yang telah ditemukan. Hal itu karena polisi masih memerlukan waktu untuk melakukan uji laboratorium.

"Sementara nanti akan didalami tim Labfor terkait zat apa, mengandung apa, masih dalam proses," katanya.

Sejauh ini, polisi menyimpulkan sementara bahwa untuk lokasi ledakan diduga kuat merupakan home industry pembuatan kembang api. Adapun ledakan terjadi diduga pada saat proses pengolahan bahan-bahan kimia yang tidak sesuai.

"Kesimpulan sementara demikian, berdasarkan hasil temuan-temuan yang kita dapatkan, dari Brimob dan Labfor. Karena yang bersangkutan (korban) sekarang masih dirawat, sehingga belum bisa kita mintai keterangan," katanya.

Oskar menyampaikan, pihaknya juga masih mendalami dari mana asal bahan-bahan untuk pembuatan kembang api itu.

Oskar mengungkapkan, aktivitas korban di bangunan tersebut tergolong baru, yakni sejak 5 April 2023.

Sebelumnya diberitakan, ledakan terjadi di bangunan seng di Jalan Mawar RT 1 RW 4, Kelurahan Dadaprejo, Kecamatan Junrejo, Kota Batu, Jawa Timur, pada Rabu (21/6/2023) sekitar pukul 12.30 WIB.

Diduga, ledakan berasal dari bahan peledak pembuatan petasan yang tersimpan di bangunan tersebut.

Waluyo Tirto Nugroho (28) warga Desa Mulyoagung, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang, yang berada di dalam bangunan itu mengalami luka bakar hampir di seluruh tubuhnya Kini, ia dirawat di Rumah Sakit Universitas Muhammadiyah Malang.

Sementara itu, warga tidak mengetahui bahwa ada aktivitas pembuatan kembang api di dalam bangunan itu. Sebab, saat melapor ke RT setempat, Waluyo mengaku akan menggunakan bangunan itu untuk penelitian keramik.

Tidak jauh dari lokasi itu memang ada industri pembuatan keramik.

"Sepengetahuan dari saya, laporan dari RT cuma mau penelitian ke keramik. Izinnya buat penelitian keramik, si korban, laporannya ke Pak RT," kata Slamet, warga setempat, Kamis (22/6/2023).

https://surabaya.kompas.com/read/2023/06/22/173058878/ledakan-di-kota-batu-diduga-akibat-pengolahan-bahan-kimia-yang-tidak-sesuai

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke