Salin Artikel

Diduga Jadi Otak Perkelahian Massal, Anggota Fraksi PPP DPRD Bangkalan Terancam Dipecat Partai

FR yang sudah menjadi tersangka kasus tersebut merupakan kader Partai Persatuan Pembangunan (PPP) yang juga anggota Fraksi PPP di DPRD Bangkalan.

FR berstatus buron sejak Jumat (16/6/2023), karena melarikan diri dalam operasi penangkapan.

Ketua Dewan Pengurus Cabang (DPC) PPP Bangkalan Hasbullah menjelaskan, PPP menghormati proses hukum terhadap FR. 

“Biarkan proses hukum tetap berjalan. Kami hormati kepolisian sambil menunggu perkembangan berikutnya,” kata Hasbullah saat dihubungi melalui telpon seluler, Senin (19/6/2023).

Namun yang jelas, kata pria yang akrab disapa Ra Hasbul ini menambahkan, partai akan memberikan sanksi tegas kepada FR jika sudah ada putusan pengadilan yang berkekuatan hukum tetap.

Sanksi itu berupa pemecatan sebagai kader partai sekaligus usulan pemecatan sebagai anggota DPRD Bangkalan.

“Kami kedepankan asas praduga tak bersalah terlebih dahulu. Kalau sudah ada putusan hukum tetap, pemecatan sudah bisa diproses,” imbuhnya.

Secara internal, DPC PPP Bangkalan akan segera melakukan rapat internal untuk menentukan langkah-langkah berikutnya. Selain itu, DPC PPP Bangkalan juga berkonsultasi ke DPW dan DPP PPP di Jakarta.

Sebelumnya diberitakan, perkelahian massal menggunakan senjata tajam antara warga Desa Tanah Merah Laok dengan warga Desa Baipajung terhadi pada Minggu (4/6/2023). Dalam peristiwa ini, dua orang meninggal dunia dan tujuh lainnya mengalami luka berat.

Polres Bangkalan menetapkan 8 tersangka. Para tersangka yakni AD (55), SM (42), SKB (44) dan SMS (48) berasal dari Desa Baipajung, Kecamatan Tanah Merah. Dan tersangka HF (51), AS (36), HMT (45) dan FR (40) dari Desa Tanah Merah Laok, Kecamatan Tanah Merah.

FR sebagai aktor di balik peristiwa ini, dijerat dengan pasal 160 KUHP tentan provokasi dan penghasutan, dan pasal 170 KUHP tentang pengeroyokan dengan ancaman hukuman 5 tahun penjara.

https://surabaya.kompas.com/read/2023/06/19/093735178/diduga-jadi-otak-perkelahian-massal-anggota-fraksi-ppp-dprd-bangkalan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke