Salin Artikel

2 Pemuda Nekat Mencuri Kotak Amal Masjid di Magetan, Aksinya Terekam CCTV

KOMPAS.com - Dua pemuda terekam CCTV sedang mencuri kotak amal di sebuah masjid di Kelurahan Tambran, Kecamatan Magetan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur.

Aksi pencurian itu terjadi di Masjid Al Barokah, Jalan Panglima Sudirman Gang Masjid pada Jumat (16/06/2023) pukul 02.30 WIB.

Dalam video, terlihat dua pemuda berjalan keluar dengan santai melewati jalan gang sambil menenteng kotak amal.

Beberapa saat kemudian, ada seorang remaja muncul sambil mengendarai motor matic.

Diduga kuat orang itu adalah teman dari dua pemuda yang sudah lama menunggu kedatangan mereka untuk membantu melarikan barang curiannya dengan cara berboncengan.

Petugas kebersihan masjid, Suwandi (60) mengatakan, kotak amal diketahui raib menjelang Salat Subuh.

Menurut dia, benda tersebut biasanya diletakkan di dekat serambi.

"Kotak amal sudah tidak ada, tinggal besi penyangganya saja. Lalu lapor ke pengurus masjid. Sempat dikira ada yang sengaja menyimpan di tempat berbeda," ujar dia dikutip dari TribunJatim.com, Minggu (18/6/2023).

Dia menambahkan, setelah diteliti lebih dalam, ternyata memang benar hilang.

Sehingga, pengurus masjid memutuskan membuka CCTV milik salah satu warga setempat yang menghadap ke jalan gang.

"Benar saja ada dua orang lebih yang mencurigakan di dalam rekaman CCTV. Kami duga mereka adalah pencurinya," tegas dia.

Dia mengungkapkan, walaupun jumlah uang di dalam kotak amal tidak seberapa, namun yang dikhawatirkan adalah harus membuat kotak amal baru lagi.

"Setiap selesai salat Jumat, uang di dalam kotak amal selalu diambil, lalu dikumpulkan buat operasional. Peristiwa pencurian ini sudah sangat meresahkan, total sudah dua kali ini kotak amal dicuri. Kami akan laporkan polisi. Sudah ada rekaman CCTV, mudahan bisa tertangkap dan jera," pungkas dia.

Artikel ini telah tayang di TribunJatim.com dengan judul Terekam CCTV, 2 Pemuda Berjalan Santai Angkut Kotak Amal Masjid di Magetan, Warga: Sudah Dua Kali

https://surabaya.kompas.com/read/2023/06/18/171950278/2-pemuda-nekat-mencuri-kotak-amal-masjid-di-magetan-aksinya-terekam-cctv

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke