Salin Artikel

Golkar Masih Konsisten Usung Airlangga Hartarto sebagai Capres 2024

"Kalau ditanya mendukung siapa, kami masih konsisten pada hasil Munas yakni mendukung Ketua Umum (Airlangga Hartarto) sebagai calon presiden," kata Ketua DPP Partai Golkar Firman Subagyo di Surabaya, Sabtu (17/6/2023).

Selanjutnya, menurut Firman, Partai Golkar menyerahkan sepenuhnya kepada Airlangga Hartarto kepada siapa saja dukungan akan diberikan.

"Kami juga memberikan mandat kepada ketua umum untuk menentukan langkah-langkah politik terbaik untuk Golkar," jelasnya.

Dia memperkirakan, sikap politik Partai Golkar di Pilpres 2024 akan ditetapkan dalam waktu dekat.

"Tunggu saja sekitar dua bulan ke depan," katanya. 

Baginya, konstelasi politik di pilpres 2024 sangat dinamis. Bahkan nama-nama calon presiden yang sudah muncul bisa saja berubah di detik-detik terakhir.

Partai Golkar sebelumnya membentuk Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) bersama Partai Amanat Nasional (PAN), dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Namun, PPP telah menyatakan bakal mengusung Gubernur Jawa Tengah yang juga kader PDI-P Ganjar Pranowo sebagai bacapres 2024. 

Selain Ganjar Pranowo yang diusung PDI-P dan PPP, ada juga ada nama Prabowo Subianto yang akan diusung Partai Gerindra dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) sebagai bacapres. Lalu nama Anies Baswedan yang akan diusung Partai Nasdem, Partai Demokrat, dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

https://surabaya.kompas.com/read/2023/06/17/183316978/golkar-masih-konsisten-usung-airlangga-hartarto-sebagai-capres-2024

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke