Salin Artikel

Banyak Jemaah Haji Lansia, Kemenag Banyuwangi Sebar Petugas di Berbagai Tempat di Mekkah

BANYUWANGI, KOMPAS.com - Sebanyak 921 orang jemaah haji asal Banyuwangi, Jawa Timur, telah berangkat ke tanah suci Mekkah, Arab Saudi. Mereka didominasi oleh jemaah haji berusia lanjut atau lansia.

Mereka yang terbagi dalam Kloter 62, 63, dan 64 berangkat dari depan Kantor Bupati Banyuwangi pada Kamis (15/6/2023) pagi.

Kepala Sub Bagian Tata Usaha Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Banyuwangi, Mohammad Jali mengatakan, jemaah haji asal Banyuwangi menjadi perhatian utama karena didominasi jemaah lanjut usia atau lansia.

"Sehingga menjadi perhatian utama dari Kementerian Agama," kata Jali pada Jumat (16/6/2023).

Menurutnya, Kemenag Banyuwangi sudah menyebar para petugas haji di sejumlah tempat di tanah suci Mekkah untuk membantu jemaah haji lansia tersebut.

"Petugas haji sudah kami sebar di beberapa tempat. Harapannya nanti jemaah haji yang muda dan sehat bisa membantu jamaah lansia," terang Jali.

Jali mengatakan, jumlah jemaah haji asal Banyuwangi tahun sebanyak 973 orang. Sebanyak 921 jemaah diberangkatkan pada Kamis kemarin.

Sedangkan 52 jemaah lain diberangkatkan terlebih dahulu bersama jemaah haji asal Malang dan Gresik pada Kamis (8/6/2023).

Jali menjelaskan, jemaah haji tertua Banyuwangi berasal dari Desa Benculuk, Kecamatan Cluring. Jemaah tersebut atas nama Siti Maryam, berusia 103 tahun 3 bulan. Dia merupakan jemaah tunda 2020.

Sedangkan, jemaah termuda berasal dari Kecamatan Wongsorejo.

"Dia sudah mendaftar sejak tahun 2011, atas nama Mochammad Hafiz Zakyzima. Umurnya 19 tahun," ungkap Jali.

Keberangkatan para jemaah itu dilepas langsung oleh Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani Azwar Anas. Mereka terlebih dahulu transit di Asrama Haji Sukolilo Surabaya, sebelum terbang ke Mekkah.

Bupati Ipuk mendoakan agar prosesi ibadah haji di tanah suci Mekkah berjalan lancar.

"Semoga perjalanan Bapak Ibu semua diberikan kelancaran, ibadah hajinya mabrur mabruroh, dan dapat kembali dengan selamat," kata Ipuk.

https://surabaya.kompas.com/read/2023/06/16/122156578/banyak-jemaah-haji-lansia-kemenag-banyuwangi-sebar-petugas-di-berbagai

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke