Salin Artikel

Kebakaran Hutan Kembali Terjadi di Situbondo, Terdeteksi di 2 Lokasi

SITUBONDO, KOMPAS.com - Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) kembali terjadi di hutan jati Kabupaten Situbondo, Provinsi Jawa Timur. Terdapat dua titik lokasi yang ditemukan terbakar pada Rabu (14/6/2023).

Koordinator Pusdalop Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Situbondo Puriyono mengatakan, kebakaran hutan jati ditemukan di dua titik. Yakni, di hutan jati Desa Sumberkolak, Kecamatan Panarukan, dan di hutan jati Desa Bugeman, Kecamatan Kendit.

"Kebakaran hutan jati terjadi dua titik kemarin, pertama di hutan jati Sumberkolak dan kedua di hutan jati Desa Bugeman," kata Puriyono kepada Kompas.com, Kamis (15/6/2023).

Dia juga menyatakan, kebakaran hutan jati milik Perhutani tersebut sebagai akibat dari musim kemarau. Banyak daun jati yang meranggas jatuh, sehingga katika ada percikan dengan mudah api menjalar.

Kebakaran hutan jadi di Desa Sumberkolak terjadi pukul 11.00 WIB. Sedangkan kebakaran di Desa Bugeman terjadi pada malam hari pukul 22.15 WIB.

Proses pemadaman api menggunakan kayu dengan cara dipukul (kepyok) supaya api tidak menjalar lebih luas.

"Informasi kebakaran di hutan jati itu dari laporan warga," katanya.

Puriyono menyatakan, kebakaran hutan jati Desa Bugeman seluas 1,5 hektar. Sedangkan di hutan jati Desa Sumberkolak seluas 2 hektar.

Saat memadamkan api tersebut, BPBD Situbondo dibantu oleh warga. BPBD juga menyiapkan satu unit mobil pemadam kebakaran untuk pembasahan supaya tidak ada titik api yang tersisa.

"Untuk memadamkan api dibantu warga dan untuk pembasahannya menggunakan air yang telah kami siapkan," katanya.

https://surabaya.kompas.com/read/2023/06/15/120817678/kebakaran-hutan-kembali-terjadi-di-situbondo-terdeteksi-di-2-lokasi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke