Salin Artikel

Misteri Potongan Tubuh Manusia Terbungkus Kresek Hijau di Sidoarjo dan Surabaya

KOMPAS.com - Potongan tubuh manusia ditemukan di Sidoarjo dan Surabaya, Jawa Timur, dalam waktu berdekatan.

Di Sidoarjo, warga menemukan mayat pria tanpa tangan dan kaki. Potongan tubuh itu ditemukan di wilayah Desa Trosobo, Kecamatan Taman, Sabtu (10/6/2023).

Berjarak dua hari atau pada Senin (12/6/2023), potongan tubuh dari pinggang ke bawah ditemukan di kawasan Jalan Sukolilo, Surabaya.

Kedua potongan tubuh tersebut sama-sama terbungkus kresek berwarna hijau.

Saiful, warga yang tinggal di sekitar lokasi temuan potongan tubuh di Sidoarjo, mengatakan bahwa warga mulanya mengira tas kresek besar berwarna hijau itu adalah sampah.

Namun, karena benda tersebut baunya semakin menyengat, warga melaporkannya ke polisi.

“Dikira sampah di plastik yang hanyut. Setelah dicek ternyata ada potongan tubuh manusia,” ujarnya, Sabtu, dikutip dari Surya.

Sedangkan, penemu potongan tubuh di Surabaya adalah Sukahar, seorang pemulung. Sewaktu berjalan di lokasi kejadian, ia melihat sebuah koper coklat. Bau menyengat menguar dari benda tersebut.

Sukahar memberanikan diri untuk membuka koper itu. Di dalam koper tersebut terdapat kresek warna hijau dengan kondisi tertali pati. Dia lantas menyobek plastik itu.

"Ternyata isinya sepasang kaki manusia. Sempat aku kira bangkai hewan," ucapnya, Senin.

Kepala Rumah Sakit Bhayangkara Pusdik Sabhara Porong AKBP dr. Eko Yunianto menuturkan, temuan potongan tubuh di Sidoarjo dan Surabaya diduga merupakan satu bagian.

"Potongannya kalau kita lihat, setelah kita lakukan rekonstruksi terhadap potongan tubuh yang pertama ini ada kemiripan," ungkapnya, Selasa (13/6/2023).

Berdasarkan pemeriksaan, potongan tubuh di Sidoarjo dan Surabaya merupakan pria.

"Potongan tubuh itu jenis kelaminnya laki-laki karena ada alat kelaminya. Kemudian panjang mulai pinggul sampai telapak kaki itu panjangnya 90 sentimeter," ucapnya.

Oleh karena itu, untuk memastikan apakah potongan tubuh yang ditemukan di Sidoarjo dan Surabaya berkaitan, akan dilakukan tes DNA.

"Kita masih melakukan pemeriksaan mendalam secara forensik dan uji DNA apakah itu satu individu atau beda," tuturnya.

Kepala Satuan Reserse Kriminal (Kasat Reskrim) Kepolisian Resor (Polres) Pelabuhan Tanjung Perak AKP Arief Rizky Wicaksana menjelaskan, pihaknya telah berkontak dengan Polresta Sidoarjo terkait temuan potongan tubuh manusia ini.

Saat ini, terang Arief, polisi tengah menyelidiki kasus ini.

Sumber: Kompas.com (Penulis: Kontributor Surabaya, Andhi Dwi Setiawan | Editor: Pythag Kurniati)

Sebagian artikel ini telah tayang di Surya.co.id dengan judul 4 FAKTA Temuan Potongan Tubuh Manusia di Surabaya dan Sidoarjo, Ciri-cirinya: Masih Muda, Wajah Oval

https://surabaya.kompas.com/read/2023/06/13/165700378/misteri-potongan-tubuh-manusia-terbungkus-kresek-hijau-di-sidoarjo-dan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke