Salin Artikel

Kasus Temuan Mayat Pria Dimutilasi di Sidoarjo, Korban Diduga Sudah Tewas 3-5 Hari

KOMPAS.com - Potongan tubuh manusia ditemukan di wilayah Desa Trosobo, Kecamatan Taman, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, Sabtu (10/6/2023).

Kondisi mayat yang terbungkus plastik hijau itu tak utuh. Tangan dan kaki tak ada. Menurut keterangan warga, mayat tersebut sudah menguarkan bau tak sedap.

Mayat pria yang diduga adalah korban mutilasi itu kemudian dibawa polisi ke rumah sakit untuk diotopsi.

Kepala Rumah Sakit Bhayangkara Pusdik Sabhara Porong AKBP dr. Eko Yunianto mengatakan, kematian korban diperkirakan terjadi pada tiga hingga lima hari sebelum jasadnya ditemukan.

Korban diduga meninggal akibat mengalami kekerasan di bagian leher.

"Ada tanda kekerasan di kepala dan leher, tidak mematikan, sementara dugaan kematian karena kekerasan di bagian leher," ujarnya, Senin (12/6/2023).

Eko menduga pelaku terlebih dulu membunuh korban, lalu memutilasinya.

"Potongan dugaannya terjadi setelah kematian, dilakukan setelah adanya pembunuhan," ucapnya.

Menurut Eko, pelaku mutilasi tersebut diduga adalah orang yang mengerti seluk-beluk soal tubuh.

"(Mutilasi) dilakukan oleh orang yang bisa dikatakan ahli. Karena memotong pas di persendian. Saat pemeriksaan lengan, dipotong pas di bagian persendian, di bawah terpotong tepatnya di sendi pinggul," ungkapnya.

Di samping itu, Eko menuturkan bahwa pelaku melakukan pemotongan secara rapi.

"Potongan dugaannya terjadi setelah kematian, dilakukan setelah adanya pembunuhan. Sehingga potongannya rapi, pemotongan bisa dilakukan dengan senjata tajam kecil," tuturnya.

Adapun soal ciri-ciri korban, Eko menjelaskan bahwa korban diperkirakan berusia 25-40 tahun. Hal ini diketahui dari pemeriksaan struktur gigi.

Lalu, ia memiliki perawakan tubuh sedang, muka berbentuk oval, dan hidung tidak pesek.

Kepala Satuan Reserse Kriminal (Kasat Reskrim) Kepolisian Resor (Polres) Sidoarjo Kompol Tiksnarto Andaru Rahutomo menambahkan, kulit korban berwarna sawo matang. Korban memiliki rambut hitam lurus sepanjang sekitar 13 sentimeter.

Dari pemeriksaan terhadap jasad tersebut, korban mutilasi itu tidak memiliki tato di tubuh maupun tindik.

Andaru pun meminta kepada warga yang merasa kehilangan anggota keluarga seperti ciri-ciri tersebut, agar melapor ke Polresta Sidoarjo.

"Mohon menghubungi Command Center Polresta Sidoarjo 0815-5100-110, jika ada warga yang kehilangan anggota keluarga dengan ciri-ciri tersebut," jelasnya, Minggu (11/6/2023).

Sumber: Kompas.com (Penulis: Kontributor Surabaya, Andhi Dwi Setiawan | Editor: Pythag Kurniati, Robertus Belarminus)

https://surabaya.kompas.com/read/2023/06/13/143400578/kasus-temuan-mayat-pria-dimutilasi-di-sidoarjo-korban-diduga-sudah-tewas-3

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke