Salin Artikel

1,9 Hektar Hutan di Taman Nasional Baluran Terbakar

SITUBONDO, KOMPAS.com - Kebakaran hutan terjadi di Blok Pengarengan, Resort Pengelolaan Taman Nasional (RPTN) Watunumpuk, Taman Nasional Baluran, tepatnya di Desa Sumberwaru, Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo, Provinsi Jawa Timur, pada Minggu (11/6/2023) pukul 20.30 WIB.

Kebakaran hutan diperkirakan seluas 1,9 hektar.

Kabid Pusat Pengendalian Operasi Pengendalian Bencana pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Situbondo, Puriyono mengatakan, kebakaran tersebut terjadi pukul 20.30 WIB. Hal itu berdasarkan informasi dari warga yang dilaporkan ke petugas TN Baluran.

"Pukul 20.45 WIB petugas dan petugas pemadam kebakaran ke lokasi, proses pemadaman dilakukan secara manual dengan menggunakan kepyok (memukul titik api dengan ranting) dan jet shooter," kata Puriyono Minggu (11/6/2023).

Dia juga menyatakan bahwa tumbuhan yang terbakar adalah daun jati kering, semak, dan rumput. Lokasi kebakaran berdempetan dengan jalan nasional. Sehingga warga dengan mudah melihat dan melaporkan kejadian itu.

"Pemadaman tidak butuh waktu lama dan langsung terkendali," katanya.

Diperkirakan, hutan yang terbakar seluas 1,9 hektar.

"Estimasi luas hutan yang terbakar 1,9 hektar," kata Puriyono.

Menurut Puriyono, belum diketahui penyebab hutan jati tersebut terbakar. Jajaran Polsek Banyuputih, Koramil, Perhutani sedang berkoordinasi untuk mengantisipasi adanya kejadian serupa.

Dia juga mengingatkan untuk waspada terkait kebakaran hutan karena wilayah Situbondo sudah memasuki musim kemarau. Saat musim kemarau, daun pohon jati meranggas dan ketika ada pemicu api akan mudah terbakar.

https://surabaya.kompas.com/read/2023/06/12/055902278/19-hektar-hutan-di-taman-nasional-baluran-terbakar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke