Salin Artikel

BPBD Pacitan Belum Terima Laporan Kerusakan akibat Gempa M 6,0

PACITAN, KOMPAS.com - Gempa bumi berkekuatan magnitudo 6,0 terjadi di perairan laut wilayah Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, pada Kamis (8/6/2023) dini hari.

Sampai sejauh ini, belum ada laporan kerusakan maupun korban akibat gempa bumi tersebut.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pacitan, Erwin Andriatmoko menjelaskan, pihaknya belum menerima laporan kerusakan atau adanya korban akibat gempa tersebut.

Meski begitu, petugas BPBD Pacitan terus melakukan pemantauan di sejumlah wilayah untuk memastikan dampak gempa bumi tersebut.

"Sementara gempa tidak berpotensi tsunami, termasuk belum ada laporan terkait dengan dampak kerusakan yang ditimbulkan," kata Erwin melalui sambungan telepon, Kamis (8/6/2023).

"Petugas saat ini masih melakukan pemantauan di berbagai wilayah untuk memastikan dampak, baik korban atau kerusakan yang ditimbulkan gempa itu," imbuhnya.

Pihaknya meminta masyarakat untuk tetap tenang dan selalu waspada. Jika merasakan gempa, maka segera mencari lokasi yang lapang agar terhindar dari reruntuhan.

Selain itu, warga diminta segera melaporkan ke petugas di wilayah masing-masing apabila ada kerusakan akibat gempa.

"Kami imbau kepada masyarakat agar tenang, dan mencari tempat aman apabila terjadi gempa, serta bencana lain," terang Erwin.

Sementara itu, berdasarkan analisis BMKG, gempa bumi itu terjadi pada pukul 00.04 WIB, Kamis (8/6/2023) dini hari. Gempa bumi berpusat pada 117 kilometer barat daya Kabupaten Pacitan dengan kedalaman 10 kilometer.

https://surabaya.kompas.com/read/2023/06/08/162813278/bpbd-pacitan-belum-terima-laporan-kerusakan-akibat-gempa-m-60

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke