Salin Artikel

Selain di Banyuwangi, Pembobol ATM Juga Beraksi di Blitar dan Gasak Rp 441 Juta

Keduanya masing-masing adalah warga luar kota beda daerah. Yakni AM (41) asal Cilacap, Jawa Tengah dan IR (32) asal Serang, Banten.

Mereka merupakan penjahat spesialis bobol mesin ATM.

Selain beraksi di Banyuwangi, keduanya juga beraksi di Blitar. Di kota itu, mereka berhasil mengasak uang di mesin ATM senilai Rp 441 juta.

"Mereka ini sindikat, juga melakukan aksi yang sama selain di Banyuwangi," kata Kapolresta Banyuwangi, Kombes Pol Deddy Foury Millewa, Rabu (7/6/2023).

Menurut Deddy, keduanya mengaku terakhir melakukan aksi pembobolan ATM di Blitar dengan modus yang sama, yakni di minimarket Indomaret.

"AM dan AR diamankan di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), pada Selasa (6/6/2023) sekitar pukul 04.00 WIB," ujar Deddy.

Kasat Reskrim Polresta Banyuwangi Kompol Agus Sobarna Praja menambahkan, penangkapan tersangka yang kabur ke Yogyakarta dilakukan dengan cara yang terukur.

Tim IT Polresta Banyuwangi memadukan kasus yang sebelumnya terjadi pada 11 Maret 2023 lalu di Blitar.

"Kejadiannya hampir serupa dengan pembobolan mesin ATM di Indomaret Lateng. Sehingga dilakukan identifikasi tersangka yang diduga sama," ujar Agus.

Hasil dari identifikasi tersebut kemudian dikomparasikan. Setelah diteliti modusnya, lalu mulai dilakukan pencarian terhadap pelaku.

Tim Macan Blambangan Polresta Banyuwangi lalu langsung melakukan pengejaran melalui kerjasama dengan Polres Blitar dan Resmob Polda DIY.

Setelah menemukan titik lokasi kedua pelaku, polisi langsung menangkap keduanya. Dan dibawa ke Polresta Banyuwangi untuk dilakukan penyelidikan lebih lanjut.

Sebelum melancarkan aksinya itu, pelaku terlebih dahulu mematikan CCTV di dalam toko.

Setelah dinilai situasinya aman, pelaku kemudian menjebol plafon lalu merusak ATM menggunakan mesin gerinda.

Kepada polisi, tersangka mengaku jika uang hasil curian digunakan untuk keperluan sehari-hari dan membayar utang. Namun saat ini masih dilakukan pemeriksaan lebih lanjut oleh polisi.

Sementara barang bukti berupa uang tunai sisa hasil pembobolan senilai Rp 32,7 juta di Banyuwangi, telah diamankan.

Dari aksi itu, total kerugian mencapai Rp 152,5 juta. Dengan rincian uang tunai Rp 62,5 juta yang ada di dalam boks ATM dan kerusakan mesin mencapai Rp 80 juta.

"Jadi masih kita selidiki lebih lanjut, apakah uang ini benar untuk digunakan pribadi atau yang lain. Termasuk berapa TKP saat beraksi," ujar Agus.

https://surabaya.kompas.com/read/2023/06/07/183513878/selain-di-banyuwangi-pembobol-atm-juga-beraksi-di-blitar-dan-gasak-rp-441

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke