Salin Artikel

Erick Thohir Janji Laga Timnas Indonesia Akan Sering Digelar di Surabaya

SURABAYA, KOMPAS.com - Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir menegaskan, pertandingan FIFA Matchday bukanlah pertandingan pertama dan terakhir bagi Timnas Indonesia berlaga di Kota Surabaya, Jawa Timur.

Erick berjanji, laga Timnas Indonesia akan sering digelar di Kota Pahlawan.

"Tadi saya janjikan bahwa sesuai dengan kesepakatan waktu itu, kita akan membawa lagi beberapa pertandingan Timnas di Surabaya," kata Erick di Surabaya, Selasa (6/6/2023).

Karenanya, ia meminta dukungan penuh dari Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi dan jajaran Pemkot Surabaya untuk terus menjaga Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya.

"Saya berharap dukungan penuh dari pemerintah daerah dan Pak Wali untuk terus menjaga stadion ini sesuai dengan standar yang sudah diberlakukan FIFA," ujar Erick.

Di sisi lain, ia juga mengingatkan para suporter untuk benar-benar bisa menjaga keamanan sebagai tuan rumah.

Apalagi, hingga saat ini FIFA masih melakukan proses pemantauan mengenai kegiatan sepak bola di Indonesia. Karenanya, ia mengimbau agar tidak melakukan euforia yang berlebihan.

"Bahwa masa proses FIFA menerima kesiapan kita menggulirkan sepak bola ini masih dalam pantauan, jadi jangan euforia seakan-akan kita sudah bebas," ujar Erick.

Ia menambahkan, per 1 Juli 2023 nanti, kompetisi sepak bola di Indonesia akan kembali dimulai. Menurutnya, keamanan menjadi sangat penting agar sepak bola di Indonesia bisa lebih baik ke depan.

"Ini sangat penting. Jadi Insya Allah, kita jaga sepak bola Indonesia, apalagi kemarin generasi emas ini sudah kita miliki, baik U-17, U-19, U-20, U-21 dan U-23 ini kita sangat serius mempersiapkan Timnas Indonesia," ujar dia.

Ia pun mengapresiasi kesiapan Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya dalam mempersiapkan seluruh fasilitas yang ada di Stadion GBT Surabaya.

"Karena itu kami juga mengapresiasi persiapan dari Kota Surabaya pada saat itu, maka kami memberikan kepercayaan untuk salah satu pertandingan FIFA Matchday di bulan Juni ini, yaitu tanggal 14 Juni (pertandingan) antara Tim Nasional Indonesia melawan Tim Nasional Palestina," kata Erick.

Wali Kota Kota Surabaya Eri Cahyadi menyampaikan terima kasih kepada Erick Thohir beserta seluruh exco karena Kota Pahlawan mendapat kepercayaan menjadi tuan rumah dalam gelaran pertandingan Indonesia melawan Palestina pada 14 Juni 2023 mendatang.

"Matur nuwun (terima kasih) Ketum PSSI (Erick Thohir) dan seluruh exco, hari ini Kota Surabaya dipercaya kembali untuk menjalankan FIFA Matchday Indonesia melawan Palestina," ujar Eri.

Kepala Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga serta Pariwisata (Disbudporapar) Surabaya, Wiwiek Widayati juga memastikan akan memaksimalkan kapasitas Stadion GBT dalam gelaran FIFA Matchday Indonesia Vs Palestina.

"Kita coba maksimalkan kapasitasnya GBT. Kapasitas GBT sekitar 45 ribu lebih. Mudah-mudahan optimal kapasitas itu," kata Wiwiek.

Wiwiek juga menyatakan, seluruh fasilitas dan sarana prasarana yang ada di Stadion GBT saat ini sudah dalam kondisi optimal setelah direnovasi.

"Kesiapannya juga sudah luar biasa kemarin. Mudah-mudahan sarana prasarana infrastruktur yang sudah diperbaiki, sudah ditingkatkan kualitasnya, itu bisa memenuhi harapan semua pihak," tutur dia.

https://surabaya.kompas.com/read/2023/06/06/202327078/erick-thohir-janji-laga-timnas-indonesia-akan-sering-digelar-di-surabaya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke