Salin Artikel

Maria Apriliani Gani Raih Gelar Doktor Termuda di Unair pada Usia 24 Tahun

Maria menerima gelar doktor ilmu farmasi di Universitas Airlangga Surabaya, Sabtu (3/6/2023).

Gelar yang diraih gadis kelahiran 9 April 1999 itu menjadikan Maria sebagai salah satu doktor termuda di Indonesia.

Maria juga dinobatkan sebagai wisudawan terbaik jenjang S3 Fakultas Farmasi Universitas Airlangga, dengan IPK sempurna, yaitu 4.00.

"Hanya lima hari setelah ulang tahun saya yang ke-24, saya telah disahkan sebagai doktor ilmu farmasi. Saya sangat senang karena ini merupakan hadiah ulang tahun yang luar biasa bagi saya," ucap Maria, Senin (5/6/2023).

Sejak menempuh pendidikan S1, Maria telah menaruh perhatian pada dunia penelitian.

Bahkan, ia aktif mengikuti berbagai ajang penelitian bergengsi tingkat nasional, seperti PKM (Program Kreativitas Mahasiswa).

Dedikasi Maria dalam dunia penelitian juga diakui dan diapresiasi. Maria berhasil memeroleh beasiswa Peningkatan Kualitas Publikasi Ilmiah (PKPI) dari Kemendikbud-ristek, yang memberikannya kesempatan untuk melakukan penelitian di Seoul National University selama enam bulan.

Selain itu, ia juga mendapatkan kesempatan untuk bekerja pada proyek penelitian bersama University of Rennes, Prancis, dengan bantuan mobilitas Séjour Scientifique de Haut Niveau (SSHN) dari Pemerintah Prancis.

Maria mengatakan, melakukan penelitian di luar negeri bukanlah perkara yang mudah, namun ia berhasil mengatasi tantangan tersebut.

"Di luar negeri, saya memiliki kesempatan untuk mengenal teknologi-teknologi baru yang belum tersedia di Indonesia. Saya juga banyak belajar mengenai budaya positif dan beberapa di antaranya dapat saya terapkan di Indonesia," kata Maria.

Dalam studi doktoralnya, penerima beasiswa PMDSU (Pendidikan Magister Menuju Doktor untuk Sarjana Unggul) ini melakukan penelitian dan pengembangan biomaterial berukuran nanometer untuk aplikasi defek tulang, dengan tujuan mengatasi masalah mahalnya produk implan tulang impor di Indonesia.

"Dengan disertasi ini, saya berharap dapat memberikan kontribusi teoritis baru di bidang farmasi dan pada saat yang sama memberikan manfaat bagi masyarakat Indonesia," tutur dia.

https://surabaya.kompas.com/read/2023/06/05/134156978/maria-apriliani-gani-raih-gelar-doktor-termuda-di-unair-pada-usia-24-tahun

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke